KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Sah! Kuota Haji Indonesia 221 Ribu, Tanpa Batasan Usia

 Senin, 09 Januari 2023
 Puskeshaji

Jeddah – Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444H/ 2023M dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah sebagai perwakilan Pemerintah Arab Saudi. Tahun ini Saudi menetapkan Indonesia mendapatkan kuota haji normal sebesar 221.000.

"Alhamdulillah misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah," kata Menag saat menandatangani kesepakatan tersebut di Jeddah, Minggu (8/1/2023).

"Kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota," jelasnya.

Selain itu, kesepakatan ini juga mengatur tentang pendaratan (landing) pesawat di Jeddah dan Madinah, serta beberapa kebijakan terbaru terkait pelayanan ibadah haji.

Selama pembicaraan dengan menteri haji, juga disepakati bahwa tidak akan ada batasan usia, kata Menteri Agama. Pemerintah Saudi diketahui membatasi usia jemaah haji akibat pandemi. Saat itu, Arab Saudi menerapkan persyaratan usia untuk jemaah haji 2022, dibawah usia 65 tahun.

“Sesuai kesepakatan, tahun ini tidak ada batasan usia bagi jemaah haji,” kata Menag. Artinya, jamaah yang berusia di atas 65 tahun juga bisa melanjutkan haji tahun ini,” pungkasnya. (HBO)

 

Share Berita ini :

   