KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Persiapan Kesehatan Lingkungan Asrama Haji Provinsi Bangka Belitung

 Rabu, 25 Januari 2023
 Puskeshaji

Puskeshaji, Pangkal Pinang – Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan Prov. Bangka Belitung, Direktorat Penyehatan Lingkungan serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkalpinang, dalam melakukan kegiatan inspeksi kesiapan asrama haji di Prov. Bangka Belitung, pada 24 Januari 2023.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pemeriksaan kondisi sanitasi dan kesehatan lingkungan asrama haji yang menjadi perhatian penting terkait dengan penyediaan air bersih dan bahan makanan serta prosedur yang benar dalam pengelolaan sampah/limbah di asrama haji.

Menjelang masa operasional haji tahun 2023 yang semakin dekat, berbagai macam persiapan kesehatan haji terus dilaksanakan di berbagai sektor. Persiapan tersebut mencakup pemeriksaan kesehatan Jemaah Haji maupun sarana dan prasarana yang berkaitan dengan pemberangkatan jemaah haji, termasuk kesehatan sanitasi asrama haji.

Dalam sambutannya, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Prov. Bangka Belitung mengatakan, “Asrama haji Provinsi Bangka Belitung merupakan Embarkasi Antara. Keberangkatan Jemaah haji yang berasal dari Embarkasi Antara semua persiapan dilaksanakan di embarkasi ini. Oleh karena itu penting dilakukan pemeriksaan kesehatan sanitasi asrama haji untuk kesiapan keberangkatan tahun 2023.”

Persiapan kesehatan Jemaah Haji tetap dilakukan dengan menggunakan data estimasi keberangkatan tahun 2023, karena data Jemaah Haji yang akan berangkat tahun ini belum ditetapkan.

"Walaupun kepastian data jemaah haji Provinsi Bangka Belitung belum ada, tetapi kita dapat melaksanakan persiapan untuk jemaah haji yang berangkat tahun 2023 sesuai dengan data estimasi sambil menunggu data pasti keberangkatan tahun 2023," imbuhnya.

Pemeriksaan kesehatan sanitasi asrama haji dilakukan sebanyak tiga tahapan, yang pertama dan kedua dilaksanakan pada enam bulan dan satu minggu sebelum Jemaah Haji masuk asrama haji, sedangkan pada tahap ketiga kegiatan inspeksi dan intervensi kesehatan lingkungan dilaksanakan secara rutin selama Jemaah Haji berada di asrama haji saat keberangkatan/ kepulangan. Pemeriksaan tersebut dilakukan sesuai dengan Permenkes no. 62 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Haji.

Pemeriksaan kesehatan sanitasi asrama haji di Provinsi Bangka Belitung meliputi seluruh area asrama, termasuk dua gedung yang ada disana, yaitu Gedung Bangka dan Gedung Belitung. Secara umum fasilitas yang ada di asrama ini sudah cukup mumpuni walaupun ada beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan. (Siti Kunjanaeni, HBO)

 

Share Berita ini :

   