KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kapuskeshaji Tinjau Pelaksanaan Persiapan Kesehatan Asrama Haji Indramayu

 Selasa, 24 Januari 2023
 Puskeshaji

Puskeshaji, Indramayu – Kepala Pusat Kesehatan Haji, Liliek Marhaendro melakukan peninjauan langsung pelaksanaan persiapan kesehatan asrama haji Indramayu di Jl. Nasional 1, Kec. Lohbener, Kab. Indramayu, Selasa 23 Januari 2023.

Pusat Kesehatan Haji sebagai Koordinator penyelenggaraan kesehatan haji bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Bandung, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pencegahan Penyakit (BTKLPP) Jakarta, serta Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan dalam kegiatan pemeriksaan inspeksi kesehatan lingkungan di asrama haji Indramayu.

Puji selaku Kepala Pengelola Asrama haji Indramayu mengatakan "Asrama Haji Indramayu memang belum difungsikan, namun ada tiga gedung yang sudah selesai dan terdapat 130 kamar tidur yang siap dihuni”.

Liliek menyampaikan bahwa “Berdasarkan informasi Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, jumlah jemaah yang akan diberangkatkan melalui embarkasi Indramayu sekitar 7.000 jemaah haji. Hal ini merupakan tantangan bagi kita (selain kondisi gedung yang baru) untuk mempersiapkan jemaah haji agar dapat melakukan ibadah haji dengan sebaik-baiknya, diantaranya mulai dari kesehatan jemaah haji dan juga sarana prasarana yang akan digunakan jemaah haji termasuk Asrama Haji”.

“Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar kualitas kesehatan sarana dan prasarana yang ada di asrama haji sesuai dengan persyaratan kesehatan, sehingga jemaah haji terhindar dari penyakit atau masalah kesehatan yang mungkin ditimbulkan dari faktor risiko kesehatan lingkungan asrama haji” imbuh Liliek.

Sesuai Permenkes no. 62 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Haji, secara teknis pemeriksaan kesehatan lingkungan asrama haji dilaksanakan sebanyak tiga tahapan yaitu pada enam bulan dan satu minggu sebelum Jemaah Haji masuk asrama haji, dan tahap ketiga dilakukan secara rutin selama Jemaah berada di asrama haji pada saat keberangkatan/ kepulangan.

“Kegiatan ini adalah tahap awal, Kami hanya menilai berdasarkan aspek kesehatan” Ujar Liliek.

“Harapan Kami, hasil rekomendasi ini selanjutnya akan disampaikan ke Kementerian Agama untuk nantinya ditindaklanjuti dan menjadi perbaikan agar sebelum keberangkatan jemaah haji, Asrama haji Indramayu menjadi asrama haji yang sesuai standar kesehatan,” pungkas Liliek.

Selanjutnya Tim diibagi menjadi beberapa kelompok, untuk melakukan inspeksi kesehatan lingkungan asrama haji dengan cara observasi pada tempat (asrama haji) yang digunakan selama operasional haji, meliputi gedung tempat transit Jemaah, dapur, tempat penerimaan Jemaah, poliklinik, penampungan air bersih, sarana air minum serta pemantauan secara sederhana specimen air (air bersih) di lokasi dengan parameter fisik dan kimia terbatas. (NK, HBO)

 

Share Berita ini :

   