KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Salah Satu Pendukung Kesuksesan Penyelenggaraan Kesehatan Haji 2022 adalah Petugas Siskohatkes Kabupaten/Kota

 Kamis, 22 September 2022
 Puskeshaji

Salah satu pendukung kesuksesan penyelenggaraan kesehatan haji 2022 adalah Petugas Siskohatkes Kabupaten/Kota. Hal ini disampaikan dr. Enny Nuryanti, MKM pada Pertemuan Orientasi Penguatan Petugas Siskohatkes Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara di Hotel Le Polonia Medan.

"Adanya input / entry-an data oleh petugas Siskohatkes Kabupaten/kota, sehingga manajemen penyelenggara kesehatan haji dapat menentukan kebijakan, strategi dan intervensi apa yang harus diberikan kepada jemaah haji", kata Enny (22/9)

Enny mengatakan Siskohatkes shar'i di Kabupaten/ Kota dikembangkan berdasarkan proses pemeriksaan,  pembinaan berdasarkan Permenkes 15 tahun 2016. Dari hasil entry ini maka akan didapatkan profil jemaah haji sebagai informasi kesehatan haji.

"Selain Siskohatkes Pusat Kesehatan Haji menciptakan inovasi berupa Telejemaah dan Telepetugas", kata Enny. "Dengan Telejemaah, jemaah dapat input data vital sign yang akan termonitor oleh petugas TKH melalui Telepetugas.  Bila ada gangguan masalah kesehatan, jemaah dapat mengklik tombol panic button yang terhubung dengan Telepetugas TKH, sehingga TKH  dapat segera merespon untuk memberikan pertolongan."

Di akhir paparannya Enny mengatakan bahwa salah satu strategi Puskeshaji dalam mendukung transformasi kesehatan pilar ke 6 adalah Digitalisasi layanan yaitu Siskohatkes, Daftarin, Telejemaah, Telepetugas dan Tele BMN.(ENN)

Share Berita ini :

   