KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Sosialisasi Kesehatan Haji di Bendungan Mulur Sukoharjo

 Jum'at, 16 September 2022
 Puskeshaji

Puskeshaji-Sukoharjo (16/9), Kegiatan dalam rangka mempersiapkan jemaah haji yang akan berangkat tahun 2023 sebagai bentuk pembinaan kepada jemaah haji dilaksanakan di gedung Pendopo Balai Desa Mulur, Kec.Bendosari - Kab. Sukoharjo pada hari jumat 16 September 2022. Sosialisasi kesehatan haji ini dilaksanakan oleh Pusat kesehatan haji bermitra dengan Komisi IX DPR RI.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo yang diwakili kepala bidang P2P, Bejo Raharjo, SKM, M.Kes. Dalam sambutannya Bejo menyampaikan "istithaah kesehatan haji merupakan modal untuk melaksanakan ibadah haji. Pembinaan dan pemeriksaan kesehatan jemaah dengan pendekatan keluarga sehat sangat penting untuk ditingkatkan. Isithaah kesehatan jemaah haji perlu disiapkan sejak sekarang bagi jemaah yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun 2023, yang mempunyai penyakit kronis segera untuk melakukan pemeriksaan kesarana kesehatan terdekat".

Sambutan dan arahan Kepala Pusat Kesehatan Haji yang diwakili oleh dr. Indro murwoko menyampaikan bahwa persiapan kesehatan jemaah haji bisa disiapkan sejak awal dari aspek kesehatan dan istithaah kesehatan. Acara ini merupakan bentuk dukungan yang diberikan anggota Komisi IX kepada jemaah di desa Mulur agar senantiasa menjaga kesehatan, tetap sehat dan istithaahnya tercapai.

Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen, S.Pd, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan menyampaikan "Ibadah haji adalah kewajiban umat islam, Haji adalah panggilan Allah untuk menunaikan haji ke tanah suci bagi yang mampu, mampu secara fiansial dan mampu secara kesehatan," ujarnya.

Istithaah kesehatan haji wajib diperhatikan oleh jemaah yang akan berangkat, sejak di Indonesia dengan rajin berolahraga, perhatikan pola makan dan pola hidup sehat, serta rajin-rajin memeriksakan kesehatan di puskesmas, serta mengikuti kegiatan yg dilaksanakan oleh dinas kesehatan atau puskesmas lanjutnya, dan perlu semangat kemudian perlu tawadhu dalam melaksanakan ibadah haji disana pesannya.

Acara ditutup dengan penyerahan kit jemaah haji dan penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh TKH 2022.

Penulis: Agus Sultoni
Editor : HBO

 

Share Berita ini :

   