KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Puskes Haji Siapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Obat dan Perbekalan Kesehatan Haji di Arab Saudi

 Senin, 12 September 2022
 Puskeshaji

Puskes Haji, Bogor 12 September 2022 telah berlangsung Pertemuan Penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Obat dan Perbekalan Kesehatan Haji di Arab Saudi. Acara yang dilaksanakan mulai tanggal 12 -14 September 2022 diikuti oleh Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian, Direktorat Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan, serta dokter spesialis mantan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 2022.

Acara dibuka oleh ketua Tim Kerja Pelayanan Kesehatan Haji dr. Mohammad Imran, MKM. Dalam arahannya Imran menyampaikan, “Pertemuan ini bertujuan untuk menyusun Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk pelayanan kesehatan haji di Arab Saudi meliputi SPM obat dan perbekalan kesehatan, SPM Sumber Daya Manusia (SDM) pelayanan kesehatan di Arab Saudi, SPM Sarana dan Prasarana pelayanan kesehatan di Arab Saudi, dan Standar Operasional Prosedur (SOP) SPM pelayanan kesehatan haji di Arab Saudi”.

Penyusunan SPM ini merupakan hal yang wajib kita sediakan untuk jemaah haji selama menjalankan ibadah haji di Arab Saudi. Dengan adanya SPM ini kita mempunyai dasar untuk penyusunan kebutuhan obat di Arab Saudi.

Pada paparannya Imran menyampaikan, “Dalam penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pelayanan Kesehatan Haji di Arab Saudi harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Jenis pelayanan kesehatan.
  2. Mutu pelayanan kesehatan (standar jumlah dan kualitas barang dan/atau jasa, standar jumlah dan kualitas SDM, petunjuk teknis pemenuhan standar).
  3. Penerima pelayanan (semua jemaah haji).

Penerapan SPM

  1. Berbasis data (data pola penyakit, data ketersediaan obat, data pemakaian obat, formularium obat haji, data profil jemaah haji 2023).
  2. Menghitung kebutuhan (hitung selisih antara barang dan/atau jasa) yang dibutuhkan dengan jumlah yang tersedia.
  3. Susun rencana pemenuhan.

Acara dilanjutkan dengan paparan evaluasi obat dan perbekalan kesehatan haji tahun 2022. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini didapatkan data kebutuhan obat dan perbekalan kesehatan yang menjadi SPM untuk acuan pemenuhan obat dan perbekkes untuk penyelenggaraan Ibadah haji tahun 2023.

 

Penulis : dr. Ade Irma Rosiani, MKM         

Editor   : HBO

 

Share Berita ini :

   