KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Pasien Pertama yang masuk KKHI Madinah Sudah Kembali ke Kloternya

 Kamis, 09 Juni 2022
 Puskeshaji

MADINAH--M. Sochib Sb bin Seger jamaah pertama yang masuk di kantor kesehatan haji Indonesia (KKHI) Madinah, Ahad (5/6) akhirnya dibolehkan kembali ke kloternya, Senin(6/6). Tepat pukul 11.17 WAS pasien diantar dokter jaga masuk mobil ambulan.

"Alhamdulilah pasien sudah bisa kembali ke kloternya setelah mendapat perawatan secara intensif di KKHI Madinah," kata dr Mutiara Nilam Sari, saat ditemui Republika, Senin (6/6).

dr Mutiara mengatakan, pasien memiliki komorbid kencing manis, sehingga pola hidup dan pola makannya harus dijaga. Agar kadar gulanya tidak meningkat. 

Mutiara juga mengingatkan agar pasien jangan menahan kencing. Karena, kata dia pasien itu sakit salah satu penyebabnya karena menahan kencing. 

"Di pesawat dia menahan kencing," katanya.

Mutiara mengatakan, akibat dari menahan kencing ini bisa menyebabkan infeksi saluran kencing yang bisa mengganggu kesehatan.

Sebelum diberangkatkan dokter Mutiara berpesan kepada pasien, agar memperhatikan kesehatannya dengan cara minum jangan tunggu haus, gunakan alat pelindung diri kalau keluar pondokan, jangan beraktivitas berlebihan. 

"Ingat ya Pak Sochib jaga kesehatannya," katanya.

Sebelumnya, pasien mengeluhkan panas di badannya dan memiliki riwayat batuk yang sudah lama (PPOK). M.Sochin diantar PPIH kloter 1 SUB (Surabaya) Aang Ferid H.  Dia mengatakan pasien telah mengeluh sakit sejak turun dari pesawat pada pukul 17.45 WAS, Sabtu (4/6). Ihram.co.id

Share Berita ini :

   