KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Tim Kesehatan Bandara Melayani Dengan Sepenuh Hati

 Sabtu, 25 Juni 2022
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jeddah – Usman Daulay (64 tahun) Jemaah haji dari kloter BTH08 mengalami penurunan gula dalam darahnya (hipoglikemia) saat tiba di bandara King Abdulaziz (KIAA) Jeddah. Melihat kondisi Jemaah yang lemas, dengan sigap anggota Tim Kesehatan Bandara (TKB) yang sedang bertugas saat itu langsung memberikan pertolongan.

Usman dibawa ke pos kesehatan Indonesia yang ada di area bandara (pos oktagon) untuk diobservasi. "Jamaah sudah kami lakukan observasi di pos oktagon sejak kedatangan. Gula darah sewaktunya (GDS) belum stabil," kata Kepala Pos Kesehatan dr. Agus Sultoni.

Agus mengungkapkan Usman Daulay tiba di Jeddah pada Kamis (23/6) pukul 19.05 WAS. Beliau mengeluh sakit kepada petugas kesehatan yang sedang menyambut Jemaah di pintu kedatangan. Kemudian petugas tersebut langsung membawanya ke pos kesehatan dan memantau kondisinya hingga pukul 24.00 WAS.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, hasil tes gula darah sewaktu Usman hanya sekitar 54 mg/dl,” kata Agus.

Petugas kesehatan yang saat itu menangani Usman di pos kesehatan, Fitria Djamaludin memberi terapi infus kepada pasien. Selain itu dia juga memberi makan dengan cara menyuapinya, untuk meningkatkan kadar gula dalam darah.

“Agar kadar glukosa dalam darah cepat naik, maka kami berikan terapi infus dan menyuapi makanan dengan kelembutan dan kasih sayang,” ungkap Fitria.

Satu jam kemudian petugas kembali memeriksa GDS Daulay dan hasilnya ada peningkatan, yaitu 93mg/dl. Dan observasi tetap dilakukan kepada pasien. Namun setelah satu jam, GDS-nya mengalami penurunan menjadi 55mg/dl, dengan kondisi umum pasien sadar namun lemah.

Agus mengatakan, Usman Daulay ini didiagnosa hipoglikemia, hipertensi dan ulkus diabetik. Demi menjaga kesehatannya Daulay dirujuk ke KKHI Makkah untuk koreksi gulanya yang belum stabil serta lukanya bisa segera ditangani tim medis.

 “Setelah 3 jam diobservasi di pos kesehatan, kami memutuskan untuk merujuk pasien ke KKHI Makkah agar cepat stabil dan keadaannya tidak memburuk” kata Agus. HBO.

 

Share Berita ini :

   