KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Arab Saudi Rekomendasikan Ambulan Indonesia Menjadi Percontohan

 Jum'at, 24 Juni 2022
 Puskeshaji

MAKKAH -- Lembaga kemanusian Arab Saudi Hilal Ahmar mengapresiasi standar mobil pendukung layanan kesehatan ambulan milik Pemerintah Indonesia. Hilal Ahmar menetapkan mobil ambulan Indonesia menjadi percontohan bagi negara-negara di dunia perhajian.

"Alhamdulillah ambulan KKHI dan sektor dinyatakan lengkap dan menjadi contoh bagi negara lain," kata Koordinator Emergency Medical Team (EMT) Erwinsyah seperti dilaporkan Republika, Jumat (24/6).

Erwi menuturkan, Hilal Ahmar merupakan lembaga kemanusianya Arab Saudi, sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Lembaga ini yang memberikan uji kelayakan kepada semua mobil ambulan yang dimiliki negara-negara pengirim jamaah haji.

"Stiker dari Hilal Ahmar menjadi salah satu syarat ambulan bisa beroprasi antar jemput jamaah haji," katanya.

Erwinsyah mengatakan, beberapa hal yang diperiksa oleh Hilal Ahmar di antaranya adalah kelengkapan alat kesehatan (alkes) dan perbekalan kesehatan (perbekkes) yang ada di ambulans. Semua kelengkapan itu ada di di mobil ambulan. 

"Yang diperiksa kelengkapan alkes dan perbekkes yang harus ada diambulans. Ambulan kami lengkap," katanya..

Erwinsyah mengatakan, ada 10 ambulan yang mobile untuk antar jemput jamaah haji sakit dari sektor ke KKHI Makkah maupun ke Rumah Sakit (RSAS) Arab Saudi. Begitu juga sebaliknya dari RSAS ke KKHI Makkah dan ke sektor. 

"Persyaratan Hilal Amar Saudi mengharuskan ambulan dari semua negara jamaah haji di periksa dan memenuhi persyaratan kelengkapan," katanya.

Erwin menuturkan, cukup lama Pemerintah Arab Saudi melalui lembaga kemanusiannya menguji kelayakan mobil ambulan. Butuh dua hari untuk menguji kelayakan 10 mobil ambulan milik Indonesia.

"Pemeriksaan dilakukan dua hari, pada Rabu lima ambulan, Kamis lima ambulan," katanya. Ali-Republika

Share Berita ini :

   