KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Tanpa Canggung Jamaah Sampaikan Keluhan kepada Petugas Kesehatan

 Rabu, 22 Juni 2022
 Puskes Haji

MADINAH -- Joko Susmiyanto  47 tahun dan Suherman Bujang Derani (39) embarkasi BTH 02 langsung menghampiri tim promosi kesehatan (Promkes) PPIH Arab Saudi, Dian Septika Sari yang sedang bertugas di pelataran masjid Nabawi. Tanpa canggung keduanya langsung menyampaikan keluhan yang dideritanya. 

"Bu saya akhir-akhir ini saya sering mual. Boleh saya minta obat mual-mual," kata Joko, kepada Dian Septika Sari, seperti dilaporkan Republika, Rabu (22/6).

Joko dan Suherman menghampiri, karena mengetahui, Dian merupakan petugas kesehatan haji Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari rompi yang digunakannya bertuliskan Kemenkes warna kuning emas.

Kepada Dian Septika Sari, Joko mengeluhkan rasa sakitnya yang diderita beberapa hari ini. Joko mengaku sudah dua hari ini merasakan sakit di seluruh badannya.

"Sudah dua hari saya mimisan, badan semua ngilu-ngilu merasa gak enak,"   keluh Joko kepada Dian, Rabu (22//6). 

Suherman Bujang Derani juga tak canggung menyampaikan keluhannya kepada Dian. Suherman mengaku sakit lambung, sakit mata dan hidung selalu mimisan mengeluarkan darah. 

Melihat mata Suherman merah dan lecet, Dian langsung merogoh tasnya mengambil obat tetes mata yang dibawanya. Dian menyampaikan bahwa obat yang di bawahnya merupakan obat pribadi dan jamaah juga harus membawanya masing-masing.

Setelah memberikan obat tetes mata, Dian langsung memberi jamaah air zamzam. Karena keduanya terlihat kehausan, selain itu Dian juga menyemprotkan air zamzam ke wajah jamaah karena terlihat merah. 

"Saat di Saudi ini kita harus sering minum, jangan tunggu haus pak," kata dia sambil menyodorkan dua cangkir air zamzam.

Kepada dua jamaah itu Dian, mengatakan bahwa di setiap sudut pelataran Masjid Nabawi banyak termos dan kran air yang  bisa diminum. Untuk itu, kata Dian, mereka tidak perlu ragu untuk minum di tempat-tempat yang sudah disediakan.

"Sering minum itu satu-satunya obat dehidrasi yang paling mujarab," katanya.

Kemudian, Dan pun memberikan oralit yang dilarutkan kedalam air minum jamaah. Kepada keduanya, Dian menyampaikan, bahwa oralit ini sangat kaya akan manfaat untuk menambah kadar elektrolit dalam tubuh yang hilang karena sengatan matahari.

"Oralit ini baik untuk menambah kadar elektrolit dalam tubuh kita," katanya.

Share Berita ini :

   