KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Begini Perawatan Luka Diabetik Oleh Tim Medis KKHI Madinah

 Rabu, 22 Juni 2022
 Puskes Haji

MADINAH -- Dokter spesialis anastesi Harpandi Rahim Palewai mencoba melakukan mobilisasi kepada Mustaji bin Mukri jamaah haji embarkasi SOC 11 yang dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), Minggu (19/6). Mobilisasi bagian dari tindakan perawatan di rumah sakit ini penting dilakukan untuk mempercepatan pemulihan luka kepada pasien.

Mobilisasi yang dilakukan Harpandi terhadap Mustaji setelah membersihkan luka Mustaji pada pinggul sebelah kiri. 

Harpandi setiap dua kali sehari luangkan waktunya untuk membersihkan ulkus (luka) diabetik Mustaji. 

Ulkus di pinggul Mustaji yang awal mulanya karena luka bisul, kini terlihat membesar dan membuat pinggul Mustaji bolong sedalam lima cm dengan lebar tiga cm. Sehingga tim medis KKHI Madinah, termasuk Harpandi harus terus membersihkan lukanya yang terus membesar.

Harpandi mengatakan, supaya tidak terjadi infeksi yang melebar, luka di pinggul Mustaji harus dibersihkan dan diberikan obat antibiotik dan pergantian perban. 

"Supaya lukanya cepat membaik sehingga gula darah pasien bisa terkontrol sehingga pasien cepat bisa bisa beraktifitas kembali," katanya beberap hari lalu.

Karena luka di bagian pinggulnya inilah Mustaji tidak bisa melakukan aktivitasnya dengan baik. Termasuk melakukan prosesi pelaksanaan ibadah haji di Armuzna nantinya. 

Karena Mustaji tidak mampu berjalan sendiri dan harus dipapah, Mustaji menjadi jamaah haji yang rencananya akan disapari wukufkan. Kini Mustaji sudah dievakuasi ke KKHI Makkah menyusuk kelompok terbangnya.

Selain dokter Harpandi yang merawat Ulkus Mustaji, Ns Waldan Toligaga juga melakukan tindakan perawatan luka. Dia membersihkan luka Mustaji dengan menggunakan cairan infus dan mengoleskan salep dan betadin kepada lukanya yang sudah bolong. 

Dokter dan perawat terlihat kompak memberikan pelayanan kepada jamaah haji yang dirawat di KKHI Madinah. Semua dilakukakan untuk menunaikan ikrar tugasku sebagai pelayan. Ali Yusuf-Republika.

Share Berita ini :

   