KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Tim Visitasi KKHI Jemput Kartini di RS King Fahd Madinah

 Selasa, 21 Juni 2022
 Puskeshaji

MADINAH -- Setelah tiga hari dirawat di RS King Fahd Madinah, Kartini Binti Kamak akhirnya bisa kembali ke Kantor Kesehatan Haji (KKHI). Kartini jamaah asal Bekasi, Jawa Barat ini dijemput tim dokter KKHI Madinah pukul 23.24 WAS, Jumat (17/6).

Kartini dijemput di King Fahd oleh tim visitasi KKHI dokter spesialis bedah dr Nur Eko Hadi Sucipto, dr Susi Wirawati Triyono dan Nrs Gemelia Zulfar. Kartini dijemput karena keadaannya sudah stabil.

Susi mengatakan, sebelum dikembalikan ke kelompok terbang (kloter), Kartini akan dilakukan observasi dan stabilisasi di ruang perawatan di KKHI Madinah. Berapa lamanya Kartini dirawat di KKHI, tergantung perkembangan dan kemajuan kondisi kesehatannya.

"Jika kondisinya semakin membaik jamaah bisa dipulangkan kembali ke kloternya dengan segera," katanya.

Sementara itu Ners Gemelia Zulfar berpesan kepada Kartini, setibanya kembali ke kloter untuk tetap menjaga kesehatannya. Jamaah disarankan tidak banyak melakukan aktivitas berlebihan.

"Ibu jangan memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunnah," pesan Gemelia kepada Kartini dalam perjalanan menuju KKHI.

Gemelia menyampaikan, bahwa prosesi wajib haji masih panjang. Sehingga, setiap jamaah perli menjaga kesehatannya sejak dini.

Sebelumnya dokter spesialis jantung Muhaimin Munizu pada sore pukul 15.50 WAS melaporkan, bahwa pasien atas nama Kartini saat ini kondisinya sudah stabil. Karena tanda vital stabil dan keluhan nyeri dada dan sesak berkurang. 

"Plan dari RS King Fahd, boleh dipulangkan," katanya. Ali-Republika.

Share Berita ini :

   