KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Sinergitas Untuk Jemaah Haji Sehat dan Mandiri di Jawa Tengah

 Kamis, 07 April 2022
 Puskeshaji

Puskeshaji, Bandungan - Bertempat di Hotel Griya Persada Bandungan Kabupaten Semarang Pusat Kesehatan Haji bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menggelar Pertemuan Penguatan Pembinaan Jemaah Haji yang berlangsung pada 7 – 9 April 2022. Pertemuan ini bertujuan untuk mengadakan koordinasi pelaksanaan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah haji dengan dinas Kesehatan kab/kota se-Jawa Tengah dalam rangka mempersiapkan musim haji tahun ini walau belum ada kepastian penetapan kuota untuk pemberangkatan haji. Pertemuan ini dihadiri seluruh pengelola program kesehatan haji 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Sinergitas dalam pembinaan kesehatan jemaah haji sangat diperlukan dalam mewujudkan jemaah haji sehat dan mandiri. Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Rakmah Nurhayati, SKM, M.Kes. dalam sambutannya menyampaikan, “Pembinaan kesehatan jemaah haji harus digarap bersama-sama dan bersinergi antara pemerintah pusat, dalam hal ini Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Agama, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota. Kita harus mempunyai budaya kerja dan integritas dalam melakukan pembinaan kesehatan haji.”

“Berikan yang terbaik untuk jemaah haji kita dan tanamkan budaya melayani,” Rahmah sampaikan di akhir sambutannya.

Ibadah haji adalah ibadah fisik. Latihan fisik sangat penting untuk persiapan sebelum berangkat ke tanah suci. Semua aktifitas ibadah haji memerlukan kondisi fisik yang prima. Oleh karena itu pembinaan kesehatan jemaah haji harus dilaksanakan sedini mungkin. Dalam pelaksanaan pembinaan di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini harus selalu patuh dengan protokol kesehatan walaupun di Jawa Tengah sendiri kasus Covid-19 sudah melandai.

Meskipun belum ada kepastian pemberangkatan haji tahun ini, namun Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah memprioritaskan jemaah haji untuk melakukan vaksinasi booster. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah berharap Kementerian Agama menerbitkan surat edaran ke kabupaten/kota agar jemaah haji melaksanakan vaksinasi booster. Rangkaian pemeriksaan dan pembinaan Kesehatan jemaah haji harus dilakukan tidak usah menunggu pengumuman keberangkatan haji.

Penulis : Siti Kunjanaeni
Editor : TeBe Margono

Share Berita ini :

   