KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Gencarkan Vaksinasi Covid, Kapuskeshaji : Semua Jemaah Harus Divaksin

 Kamis, 09 September 2021
 Puskes Haji

Kapuskeshaji dr. Budi Sylvana, MARS saat Sosialisasi Haji Sehat dan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bandung, Rabu (8/9/2021). (Foto: Puskeshaji/DSS).

 

Kabupaten Bandung – Sosialisasi Haji Sehat digelar pada Rabu (8/9) di Aula Gedung Graha Berkah Sadaya. Kegiatan dibuka oleh Kadinkes Kab. Bandung, drg. Grace Mediana Purnami, M. Kes. Dalam sambutannya Grace mengatakan bagaimana pentingnya menjaga protokol kesehatan untuk kita agar jangan sampai terpapar oleh Covid. Di Kabupaten Bandung sendiri ada 2,7 juta jiwa yang menjadi sasaran untuk dilaksanakan vaksinasi. "Dimulai dari bulan Januari sampai September ini progress kita memang masih lambat bila dilihat dari jumlah penduduk, baru mencapai kurang lebih 19-20 % dari jumlah yang ada atau sekitar 550 ribu jiwa divaksinasi.” ujar Grace.

Grace pun menghimbau kalau sudah divaksin pun jangan Euphoria dan melupakan 5 M nya (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan pakai sabun, Menghindari kerumunan dan Mengurangi aktifitas keluar apabila tidak penting sekali).

"Saat ini Kabupaten Bandung masuk dalam zona kuning artinya sudah berisiko rendah, sekarang tugas Bapak dan Ibu adalah tetap mempertahankan agar kita menuju zona hijau, ” imbuhnya.

Lebih lanjut Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI, dr. Budi Sylvana, MARS menyampaikan, "Saat ini baru sekitar 25 % dari 2984 jemaah haji Kabupaten Bandung yang sudah divaksinasi covid lengkap,” tuturnya.

"Dalam sejarah, saya membaca ada sekitar 40 kali haji itu dibatalkan/tidak dilaksanakan, jadi cukup banyak dan sebagai pembelajaran kita, cukuplah dua tahun kemarin saja kita gagal berangkat mudah-mudahan ke depannya haji bisa segera dibuka kembali,” ungkapnya.

"Kemudian saya mencoba mencari tahu sejarahnya kenapa sih masalah kesehatan haji ini begitu dinamis? dan pernah saya baca sekitar tahun 1800 an terjadi wabah kolera di dunia, dan saat itu di Saudi Puluhan ribu jemaah haji meninggal karena wabah kolera, jadi hampir ¾ nya, saya begitu kaget. ” ujarnya.

"Ternyata memang tidak mudah, itu dulu baru epidemi, sedangkan saat ini terjadi pandemi artinya seluruh negara sedang terkena wabah Covid. Begitu bahayanya penyakit, dengan kurang lebih 3 juta orang berkumpul dalam satu waktu di tanah suci, bisa kita bayangkan betapa berpotensinya penularan penyakit kalo nanti kita tidak sehat atau belum divaksinasi oleh karena itu vaksinasi saat ini menjadi syarat wajib untuk berhaji. ” ujarnya.

"Saya rasa tidak ada agama yang melarang untuk vaksinasi, saya meyakini itu, meyakini bahwa vaksinasi sebagai ikhtiar kita sebagai umat muslim untuk menjaga dan mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada kita umatNya. ” pesannya.

"Sekali lagi saya berpesan gencarkan vaksinasi, semua jemaah harus divaksin agar bisa berhaji, haji punya masalah yang kompleks kalau tidak dilaksanakan dengan baik. Saya berharap dan berpesan kepada teman-teman semua di Kabupaten Bandung, ayo vaksinasinya dong, baik yang akan berhaji maupun yang belum, Insya Allah vaksinasi merupakan ikhtiar kita untuk hidup lebih sehat lagi.”pungkasnya. (DSS)

 

 

Share Berita ini :

   