KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Ikhtiar Kesehatan Jemaah Haji Jawa Timur dalam Sosialisasi Haji Sehat dan Pelaksanaan Vaksin COVID 19 di Pesantren Nurul Islam Jember

 Senin, 06 September 2021
 Puskeshaji

Jember 4 September 2021 - Pusat Kesehatan Haji bersama Komisi IX DPR melaksanakan Sosialisasi Haji Sehat dan Vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember pada hari Sabtu 4 September 2021. Acara dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Sejumlah 200 jemaah haji Kabupaten Jember antusias mendengarkan sosialisasi haji sehat dan optimis dalam persiapan pelaksanaan haji tahun depan. Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pemberian 1000 vaksin COVID 19 ke jemaah haji dan santriwan serta santriwati oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jember.

Kepala Pondok Pesantren Nurul Islam Syaikhul Mahad Abdul Somad dalam sambutannya mengingatkan jemaah haji bahwa alam setiap saat berubah sebagai tanda penciptaanNYA, begitu juga dengan teknologi termasuk media sosial sehingga banyak berita yang benar dan tak luput dari berita hoax salah satunya tentang Covid-19. Abdul Somad juga mengatakan Covid-19 bukanlah azab, untuk itu jemaah haji harus melakukan “ikhtiar Kesehatan” dengan malaksanakan vaksinasi. Tugas pemimpin adalah memberikan semangat, optimisme dan membangun kepercayaan seperti perintah Rasululah untuk selalu berikhtiar.

Acara tersebut juga dihadiri Bupati Jember, diwakili oleh Asisten 1 Pemkab Jember Dr. H. Syafii, dalam sambutannya berpesan untuk memutus rantai Covid-19 dan menumbuhkan ekonomi rakyat serta menurunkan angka kematian adalah melaksanakan vaksinasi Covid-19. Sehingga dalam pemberangkatan jemaah haji dapat diberangkatkan dalam keadaan sehat, dan kembli sehat.

dr. Budi Silvana, Kepala Pusat Kesehatan Haji mengatakan Bangsa Indonesia adalah bangsa yang istimewa, salah satunya adalah kehormatan bangsa untuk melaksanaan ibadah haji. Budi mengatakan dalam rangka persiapan keberangkatan Jemaah haji yang sudah tervaksinasi Covid-19 pertama saat ini mencapai 71%, dan tervaksinasi Covid-19 kedua sudah mencapai 50%. Budi juga meminta pihak pesantren dapat memberikan pemahaman pentingnya vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat agar cakupan dapat ditingkatkan.

Komisi IX DPR RI, Ir. Nur Yasin, meminta kepada jemaah haji untuk bisa hidup mesra dengan Covid-19 dengan mengikuti aturan yang berlaku dan melaksanakan vaksinasi Covid-19. Yasin juga berpesan agar jemaah haji menyiapkan Kesehatan mulai di tanah air sampai di tanah suci karena akan berinteraksi dengan seluruh jemaah haji di dunia. Beliau juga berharap jemaah haji untuk selalu bersiap siap dan selalu WASPADA baik ada maupun tidak ada Covid-19, dengan menjaga kesehatan.

Dalam acara tersebut juga disampaikan pesan-pesan kesehatan oleh pemegang program kesehatan haji dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur bersama Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) dan Tenaga Kesehatan Haji Arab Saudi dan Kloter. (ZL)

Share Berita ini :

   