KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Pemegang Visa Turis Dapat Melaksanakan Ibadah Umrah

 Jum'at, 10 September 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta — Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan bahwa pemegang visa turis dapat melaksanakan ibadah umrah, pada Kamis (9/9). Para peziarah yang datang ke Kerajaan dengan visa turis tersebut harus menyelesaikan prosedur pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna guna mendapatkan izin umrah.

Kementerian mengatakan bahwa pemegang visa turis juga dapat memperoleh izin umrah dengan menyelesaikan proses pendaftaran pada aplikasi eatmarna.

“Pembukaan akun di Eatmarna hanya dapat dilakukan setelah pengunjung memperbarui status kesehatan vaksinasinya di aplikasi Tawakkalna," kata Kementerian. 

Kementerian menambahkan: “Hanya mereka yang telah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 atau yang telah menyelesaikan 14 hari setelah dosis pertama vaksin atau pulih setelah terinfeksi Covid-19 yang memenuhi syarat untuk mendapatkan visa umrah,” dilansir dari Saudi Gazette pada Jumat (10/9).

Perlu dicatat bahwa terhitung mulai tanggal 10 Agustus (1 Muharram), sekitar 500 perusahaan dan lembaga layanan umrah serta lebih dari 6.000 agen umrah asing sudah mulai menerima jamaah umrah asing yang divaksinasi.

Para calon jemaah dapat memesan paket umrah dan membayar semua biaya melalui sekitar 30 situs dan platform elektronik yang tersedia guna reservasi layanan umrah di seluruh dunia.

Kementerian Haji dan Umrah baru-baru ini mengumumkan rencana untuk memulai mekanisme baru dalam penerbitan visa umrah tunggal secara online.

Kementerian menegaskan siap menerima jemaah umrah sebanyak mungkin berdasarkan kuota yang telah disepakati dengan berbagai negara Islam sebelum merebaknya pandemi Covid-19.

Kementerian pun telah mengumumkan bahwa kapasitas jemaah umrah di Masjidil Haram telah ditingkatkan menjadi 70 ribu orang dalam sehari.

“Dengan penekanan pada penerapan langkah-langkah pencegahan dan protokol kesehatan, kementerian haji dan umrah berkoordinasi dengan otoritas yang berwenang dalam meningkatkan kapasitas harian menjadi 70 ribu jamaah,” kata kementerian itu.

Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci pun telah meningkatkan pelayanannya dan menyelesaikan semua persiapan untuk menerima jamaah umrah dengan meningkatkan kapasitasnya. Menurut Presiden Urusan Dua Masjid Suci Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais, kini Dua Masjid Suci siap menerima 70 ribu jamaah umrah setiap hari. (HBO).

Sumber: Saudi Gazette 

Share Berita ini :

   