KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Saudi Bagian Timur Meradang, Hingga 50,5 °C

 Kamis, 05 Agustus 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta — Suhu udara di Bandara King Fahd, salah satu bandar udara terbesar di dunia dengan area seluas 780 km² dilaporkan sebesar 50,5 °C (derajat Celcius), termasuk suhu tertinggi yang disaksikan dunia pada hari selasa, diikuti oleh Jahra di Kuwait dan kemudian Kota Kuwait.

Dr. Abdullah Al-Misnad, seorang pakar cuaca di Arab Saudi mengungkapkan bahwa Saudi bagian timur mencatat suhu tertinggi di dunia. Hal tersebut dia sampaikan laporannya: “Bandara King Fahd mencatat 50,5 °C sebagai suhu tertinggi di dunia saat ini. Dunia menyaksikan kemarin, diikuti oleh Jahra di Kuwait, lalu Kota Kuwait." katanya.

Dilansir di Al-Arabiya, Kamis (5/8), Al-Misnad merujuk pada suhu terendah dan tertinggi yang tercatat pada 29 stasiun di Arab Saudi. Bandara King Fahd dilaporkan sebagai daerah dengan suhu tertinggi, diikuti oleh Al-Ahsa, kemudian Qaisumah.

Peneliti cuaca, Abdulaziz Al-Hussaini, sekaligus sebagai anggota Komite Nomenklatur Iklim memperkirakan cuaca panas di siang hari. Saat fajar diperkirakan terjadi hujan ringan hingga lebat dan badai petir di beberapa wilayah: Makkah, Al Baha, Asir, Jazan, UEA, Oman, dan Aflaj Selatan. Sedangkan angin aktif dan debu akan terjadi di daerah antara dataran tinggi dan Wadi Al-Dawasir hingga Najran.

Sementara itu, Pusat Meteorologi Nasional menegaskan, dalam laporan cuaca hari ini, badai disertai angin aktif akan terjadi di wilayah (Najran, Jazan, Asir, Al Baha, Makkah Al Mukarramah), dan angin aktif di bagian timur. Dataran tinggi barat dan barat daya yang meluas ke wilayah Najran, dan sebagian wilayah Riyadh. (HBO).

 

Sumber : Al-Arabiya

 

Share Berita ini :

   