KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Puskeshaji bersama Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri dan KJRI Jeddah Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah

 Senin, 23 Agustus 2021
 Puskeshaji

Puskes Haji, Jakarta - Pusat Kesehatan Haji bersama Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri dan KJRI Jeddah menyelenggarakan rapat koordinasi yang membahas tentang persiapan penyelenggaraan umrah dan haji (Senin, 23/8/2021).

Penyelenggaraan umrah di Arab Saudi telah dibuka pada bulan Agustus ini, namun sayangnya jemaah Indonesia masih termasuk negara yang di-suspend oleh pemerintah Arab Saudi.

Namun pemerintah Indonesia terus berupaya menyiapkan agar jemaah Indonesia dapat diberangkatkan dan diterima oleh pemerintah Arab Saudi.

“Kementerian Kesehatan akan mendukung dengan mempersiapkan segala sesuatunya di bidang kesehatan termasuk vaksinasi, sertifikat vaksin”, ucap dr. Budi Sylvana, MARS, Kepala Pusat Kesehatan Haji.

“Namun kami butuh kepastian dari pemerintah Arab Saudi terkait persyaratan kesehatan ini, termasuk mengenai karantina kesehatan, saat ini yang beredar di masyarakat belum aturan resmi dari pemerintah, sehingga masih simpang siur berita nya,” lanjut Budi.

Selanjutnya Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Nur Arifin mendorong Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Bagus Hendraning Kobaryosih, untuk membantu melobi pemerintah Arab Saudi agar dapat memberikan kejelasan mengenai pemberangkatan jemaah umrah dari Indonesia termasuk mengenai jenis vaksin yang dipersyaratkan pemerintah Arab Saudi.

Sementara itu cakupan vaksinasi COVID-19 di Indonesia per 23 Agustus 2021 adalah sebesar 27,86% untuk vaksinasi dosis 1 dan 15,48%. Budi Sylvana mengatakan, “saat ini masyarakat Indonesia yang sudah divaksinasi sebanyak 70% menggunakan vaksin Sinovac.” (NK)

 

Share Berita ini :

   