KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kapuskes Haji: “Era Fungsionalisasi Jabatan, Masing-masing Dituntut Mempunyai Nilai Profesionalitas”

 Kamis, 19 Agustus 2021
 Puskeshaji

Puskes Haji, Bekasi - Kamis 19 Agustus 2021, bertempat di Aston Imperial Bekasi Hotel & Convention Center Jawa Barat, telah berlangsung Pertemuan Pembinaan Kepegawaian Pusat Kesehatan Haji dan Pemuktahiran Data Mandiri (MySAPK) BKN. Acara yang berlangsung selama dua hari ini diawali dengan paparan dari pengampu Jabatan Fungsional Administrator Kesehatan yaitu Pusat Analisis Determinan Kesehatan (PADK) yang merupakan Satuan Kerja Pembina bagi Jabfung Adminkes dan Analis Kebijakan di Kementerian Kesehatan. Narasumber dari PADK adalah dr. Agung, MARS. Dalam paparannya dr. Agung menyampaikan tentang penyusunan Daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit (DUPAK) dan Kenaikan Pangkat dari Jabatan Fungsinal Adminkes yang ada di Kementerian Kesehatan.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Pengampu Jabatan Fungsional Epidemiologi yaitu Satuan Kerja Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Abdul Rahman, SKM, M.Kes , yang memaparkan tentang pengajuan angka kredit dan jenjang karier bagi jabatan fungsional Epidemiolgi Kesehatan.

Acara dilanjutkan setelah break makan siang dengan paparan dan penjelasan dari Biro Kepegawaian mengenai Aplikasi SIPEKA (Sistem Pengukuran Kinerja Pegawai) di mana setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Kesehatan diwajibkan untuk mengisi kegiatan yang dikerjakan setiap hari, apa output yang dihasilkan dan bagaimana proses dari suatu output kegiatan itu bisa keluar dalam satu hari kerja, di mana hasil kegiatan atau output kegiatan itu harus dilaporkan kepada atasan langsung melalui email. Selanjutnya diikuti dengan paparan MySAPK BKN, yaitu sistem aplikasi pelayanan kepegawaian Badan Kepegawaian Negara yang berfungsi untuk memudahkan ASN di seluruh instansi, agar dapat mengakses data kepegawaian, diantaranya Data Profil PNS, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan, Taspen dan lainnya. Diharapkan seluruh ASN Pusat Kesehata Haji mengisi aplikasi MySAPK ini sampai dengan tanggal 14 Oktober 2021.

Hari kedua pertemuan diawali dengan arahan dari Kepala Pusat Kesehatan Haji dr. Budi Sylvana, MARS. Dalam arahannya Budi menyampaikan, “Saat ini seluruh pegawai bagi di instansi pusat dan daerah dituntut untuk mempunyai nilai prosesionalitas masing-masing. Sehingga setiap ASN terutama di Pusat Kesehatan Haji akan bersemangat dalam menjalankan tugas dan pekerjaan yang diberikan oleh atasan langsung, sehingga organisasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi masing-masing unit organisasi terutama di Pusat Kesehatan Haji”.

Acara dilanjutkan dengan paparan Asisten Deputi Standarisasi Jabatan dan Kompetensi SDM Aparatur Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dalam paparannya menjelaskan tengang Jabatan fungsional yang ada di Kementerian PAN RB dan yang ada di Kementerian Kesehatan saat ini. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang sangat diikuti dengan antusias oleh seluruh pegawai Pusat Kesehatan Haji. (AIR)

 

Share Berita ini :

   