KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Review Pembinaan Kesehatan Jemaah Haji Calon Satgas Gerak Cepat Siapkan Kesehatan Haji 2022

 Rabu, 11 Agustus 2021
 Puskeshaji

Puskes Haji, Jakarta - Rabu 11 Agustus 2021 telah berlangsung virtual meeting Review Pembinaan Kesehatan Jemaah Haji Selama Pandemi COVID-19, yang dilakukan oleh calon Satuan Tugas Gerak Cepat (Satgas GC). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Konsolidasi Petugas Kesehatan Haji (PKHI) tahun 2021, acara ini mengundang calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bidang Kesehatan yang tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan (SK Menkes) Tahun 2021. Tujuan dari penyelenggaraan konsolidasi ini untuk mempersiapkan pelayanan kesehatan haji di Arab Saudi tahun 1443 H/2022 M.

Acara dibuka dengan pengantar pembinaan kesehatan haji dimasa pandemi oleh dr. Edi Supriyatna, MKK. Dalam arahannya Edi menyampaikan, “Pembinaan kesehatan haji yang dilaksanakan setelah pembatalan pelaksanaan ibadah haji oleh Menteri Agama tahun 2020 dan tahun 2021, karena hal ini merupakan bagian dari penilaian kepada calon petugas kesehatan haji baik PPIH Bidang Kesehatan dan Tenaga Kesehatan Haji (TKH) yang mendampingi Jemaah haji di kloter”.

Pada kesempatan ini Edi juga menyampaikan tentang Manasik Kesehatan Haji yang merupakan kegiatan utama Pusat Kesehatan Haji saat ini, nanti akan diadakan training bagi trainer nasional Manasik Kesehatan Haji yang bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan (promotif preventif) kepada Jemaah haji di Seluruh Indonesia. Pusat Kesehatan Haji telah Menyusun kurikulum dan modul pelatihan Manasik Kesehatan Haji bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh calon Kepala Satuan Tugas (KaSatgas GC) dr. Jerry Nasarudin, Sp.PD dan paparan 3 kelompok Satgas GS mengenai pembinaan kesehatan haji yang telah dilaksanakan oleh calon Satgas GC di daerahnya masing-masing. Setelah paparan masing-masing kelompok dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terkait masalah yang timbul dalam melakukan pembinaan kesehatan kepada Jemaah haji, dan solusi apa yang telah dilakukan oleh calon Satgas GC dalam menghadapi permasalahan pembinaan kesehatan haji di wilayahnya masing-masing. (AIR)

 

Share Berita ini :

   