KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan, Jemaah Umrah Domestik Berbondong-bondong ke Masjidil Haram

 Rabu, 11 Agustus 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta — Jemaah umrah domestik yang berasal dari dalam negeri Saudi mulai memadati Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah umrah dan salat di masjid tersebut. Kapasitas Masjidil Haram bagi jemaah umrah telah ditingkatkan menjadi 60 ribu orang, yang terbagi dalam 8 periode operasional. Izin umrah dikeluarkan dalam sistem layanan dan tindakan pencegahan yang terintegrasi melalui aplikasi “Eatmarna dan Tawakkalna”.

Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang bekerja sama dengan otoritas terkait, telah mengatur masuknya jemaah umrah ke masjid melalui gerbang khusus. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menerapkan langkah-langkah pencegahan untuk menjaga jarak fisik saat melakukan ibadah.

“Kepresidenan telah mempersiapkan sejak dini melalui penataan seluruh lorong Masjidil Haram, area Mataaf (tempat melakukan tawaf), serta alun-alun sekitar Masjidil Haram. Seluruhnya telah disiapkan sebelum kedatangan jemaah umrah,” kata Asisten Presiden Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram Dr. Saad bin Mohammed Al-Mheimeid, dilansir dari Saudi Press Agency, Rabu (11/8).

Ia juga menegaskan bahwa seluruh komando lapangan di Masjidil Haram sudah siap. Pihak terkait akan menindaklanjuti serta meningkatkan kinerja rencana operasional untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan memberikan lingkungan yang aman.

Dia menunjukkan sumberdaya manusia maupun mesin telah siap beroperasi, ditengah lingkungan yang sehat dan aman. Seluruhnya telah memenuhi standar kesehatan internasional dan aspirasi kepemimpinan untuk memberikan layanan terbaik kepada peziarah di Masjidil Haram. (HBO).

 

Sumber : Saudi Press Agency

 

Share Berita ini :

   