KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Pendaftaran Ditutup, Terpilih 60 Ribu Jemaah Haji Domestik Mewakili 150 Negara

 Jum'at, 09 Juli 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta - Tahap pendaftaran jemaah haji pria dan wanita yang berencana menunaikan ibadah haji tahun ini melalui aplikasi elektronik telah ditutup. Demikian pengumuman Kementerian Haji & Umrah Arab Saudi pada Jumat (9 Juli 2021).

Kementerian tersebut menyatakan bahwa sejak dibukanya pendaftaran pada 3 Dzulqa'dah 1442 H, sebanyak 60 ribu kandidat transnasional telah memenuhi syarat dan dipilih. Mereka berasal dari 150 negara yang tinggal di dalam Kerajaan Arab Saudi.

Dr. Abdulfattah bin Sulaiman Mashat sebagai Wakil Menteri Haji dan Umrah mengatakan, jumlah jemaah yang mendaftar pada tahun ini mencapai 558.270, sedangkan pendaftaran telah ditutup pada hari Kamis, 28 Dzulqa'dah 1442 H. Kemudian selain mengikuti langkah-langkah pencegahan COVID-19, kandidat yang memenuhi syarat dipilih berdasarkan beberapa ketentuan, termasuk usia dan orang yang menunaikan ibadah haji untuk pertama kalinya.

Kementerian juga mewajibkan seluruh jemaah haji yang telah memperoleh izin berhaji tahun ini, untuk menerima vaksin dosis kedua karena mereka tidak perlu membuat janji untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Kementerian Haji dan Umrah telah mengklarifikasi bahwa pemerintah akan menerima jemaah di empat pusat penerimaan pada tanggal 7 dan 8 Dzulhijjah 1442H, setelah itu mereka akan naik bus ke Masjidil Haram untuk melakukan Tawaf Qudum yaitu tawaf penghormatan kepada Baitullah (sama dengan tahiyatul masjid) pada hari pertama kedatangan jemaah di kota Mekah. Demikian pernyataan pemerintah Arab Saudi, sebagaimana dikutip oleh Saudi Press Agency. (HBO).

 

 

Sumber : idxchannel

 

Share Berita ini :

   