KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Arab Saudi Tegaskan Aturan Baru Haji 2021: Berlakukan Denda Rp 38,6 Juta

 Rabu, 07 Juli 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta - Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Dalam Negeri memberikan pengumuman bahwa siapapun yang mencoba memasuki ke Masjidil Haram atau sekitarnya serta tempat-tempat suci lainnya tanpa izin selama musim haji 2021 (seperti Arafah, Muzdalifah dan Mina), akan dihukum denda sebanyak 10.000 riyal (setara dengan Rp 38,6 juta).

Aturan tersebut telah dirilis ke publik dan mulai berlaku sejak Senin, 5 Juli 2021.

Kementerian Arab Saudi juga menambahkan jika pelanggaran tersebut dilakukan berulang kali, maka dendanya akan berlipat ganda. (alarabiya.net, Senin 5 Juli 2021).

Menurut Saudi Press Agency SPA, pengumuman tersebut juga menyatakan bahwa aparat kepolisian akan melakukan tugas mereka di semua jalan, koridor, dan wilayah yang mengarah ke Masjidil Haram serta tempat-tempat Suci. pasukan tersebut bertugas untuk mencegah dan mengendalikan semua kemungkinan pelanggaran dengan tujuan menjamin keselamatan dan keamanan para jemaah haji.

Aturan tersebut ditetapkan guna menerapkan kepatuhan terhadap peraturan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 selama musim haji tahun ini.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi meminta semua warga untuk mematuhi aturan tersebut, yang khusus dibuat untuk musim haji yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 17 hingga 22 Juli mendatang.  (HBO).

 

Sumber : Liputan6

 

Share Berita ini :

   