KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Konjen RI untuk Arab Saudi Minta Indonesia Tunda Umrah

 Selasa, 27 Juli 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta – Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) untuk Arab Saudi di Jeddah, Eko Hartono meminta Indonesia untuk menunda rencana mengirimkan jemaah umrah ke Tanah Suci hingga kondisi terkait pandemi membaik, meskipun bisa masuk ke Arab Saudi melalui negara ketiga.

“Untuk saat ini sebaiknya umrah ditunda dulu, dan tetap berusaha agar bisa bersinergi menangani pandemi COVID-19 di Indonesia dengan baik,” kata Eko sebagaimana dikutip ANTARA, Senin malam waktu Arab Saudi (26/7).

Sesuai dengan pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada 25 Juli 2021, ibadah umrah akan dibuka kembali pada 1 Muharram 1443H atau 10 Agustus 2021 untuk masyarakat Arab Saudi dan jemaah internasional.

Semua negara/wilayah kecuali India, Pakistan, Indonesia, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, dan Lebanon diizinkan untuk penerbangan langsung. Jemaah asal negara/wilayah tersebut perlu dikarantina di negara ketiga selama 14 hari terlebih dahulu jika ingin masuk ke Arab Saudi.

“Bagi yang masih ingin menunaikan ibadah umrah bisa mencoba melewati negara ketiga dan melakukan karantina 14 hari di negara tersebut, dengan ketentuan negara tersebut pun tidak ada hambatan untuk masuk ke Arab Saudi,” ujarnya.

Eko mengingatkan, melaksanakan umrah dengan melewati negara ketiga akan memakan biaya lebih mahal dan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Dia berkata: "Karena pemberlakuan protokol kesehatan, gerakan selama ibadah akan dibatasi. Hal tersebut mungkin akan membuat beberapa orang merasa tidak nyaman."

Eko juga menambahkan bahwa selain karantina di negara ketiga, jemaah umrah asal Indonesia tetap harus mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi, antara lain tes COVID-19 dengan hasil negatif, telah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua, berusia minimal 18 tahun, dan menggunakan agen Umrah yang disetujui oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. (HBO).

 

Sumber : ANTARA

Share Berita ini :

   