KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Musim Haji 2021 Berakhir, Jemaah Umrah Mulai Tiba di Masjidil Haram

 Senin, 26 Juli 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta – Setelah sukses menyelesaikan musim haji tahun ini, rombongan pertama jemaah umrah tiba di Masjidil Haram pada Minggu pagi waktu setempat, setelah Masjidil Haram siap menerima jemaah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai tindakan pencegahan terhadap virus corona. Mereka mendaftar ibadah umrah melalui aplikasi khusus yang disediakan oleh pemerintah Arab Saudi.

Kepresidenan Umum Dua Masjid Suci telah berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk mengatur jamaah memasuki Masjidil Haram melalui pintu khusus, memastikan penerapan protokol kesehatan dan jarak fisik tetap terjaga.

Upaya Kepresidenan diwujudkan dalam pelaksanaan instruksi kepemimpinan yang bijaksana untuk sepenuhnya melayani tamu Allah dan memfasilitasi mereka untuk melakukan ibadah dengan mudah dalam suasana spiritualitas, dan penuh ketenangan.

Dilansir di Al Arabiya, Senin (26/7), Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Masjidil Haram, Dr. Saad Al-Muhaimid, menegaskan bahwa kepresidenan memanfaatkan sepenuhnya tenaga manusia dan mekanik untuk menerima peziarah dan jemaah umrah sesuai dengan langkah preventif.

Dia juga menambahkan: "Semua gerbang dan jalan telah diperiksa untuk memastikan bahwa semua tindakan pencegahan diambil. Semua pintu masuk dan keluar, serta selama umrah dan shalat, tidak ada konvergensi antara jamaah. Semua pintu masuk dilengkapi dengan termometer, dan sekelompok personel yang berkualitas dan terlatih ditugaskan di sana untuk menerapkan semua tindakan pencegahan."

Saat melakukan tawaf, para jemaah akan mengikuti tanda di lantai seperti yang diterapkan saat musim haji. Selain itu, lokasi khusus pun telah disiapkan untuk melaksanakan shalat. Semua itu dilakukan guna menjamin keselamatan pengunjung dan jamaah di Masjidil Haram.

Al-Muhaimid menunjukkan bahwa kepresidenan bekerja untuk memasang dan menyiapkan jalur yang diperuntukkan bagi kelompok peziarah, untuk memastikan terwujudnya sosial distancing. Selain itu, pintu masuk dan keluar khusus telah dialokasikan untuk setiap kelompok guna memastikan pencegahan kerumunan orang, dan untuk memastikan kelancaran pergerakan orang banyak yang melaluinya. (HBO).

 

Sumber : Al Arabiya

Share Berita ini :

   