KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Peran Penting Kecerdasan Buatan Pada Kesuksesan Haji Tahun Ini

 Minggu, 25 Juli 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta – Syekh Dr. Abdul Rahman As-Sudais selaku Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, menegaskan bahwa haji tahun ini adalah "haji yang cerdas". Hal tersebut sejalan dengan banyaknya teknologi pintar yang digunakan selama musim haji, seperti aplikasi digital dan mekanisme kerja yang mengandalkan kecerdasan buatan. Semua sistem layanan haji tersebut sejalan dengan visi Kerajaan 2030. Mereka sangat bersemangat dalam memberikan layanan ke Dua Masjid Suci, dan semua yang diberikannya konsisten dengan perkembangan.

Dilansir di Al-Arabiya, Minggu (25/7), As-Sudais menyampaikan bahwa di musim haji tahun ini, Kepresidenan Dua Masjid Suci fokus pada transformasi kualitas layanan yang sejalan dengan teknologi modern, seperti robot pintar yang mendisinfeksi ruangan masjid, robot yang membagikan botol air zamzam, dan robot pemandu yang menjelaskan dan mengarahkan tamu Allah. Serta khutbah di Hari Arafat yang diterjemahkan ke dalam 10 bahasa.

Haji yang Aman dan Terorganisir

As-Sudais juga menyatakan bahwa “Presidensi Dua Masjid Suci merupakan bagian dari sistem pelayanan dan pemerintahan yang terintegrasi untuk menyukseskan ibadah haji tahun ini, antara lain Kementerian Haji dan Umrah, Kementerian Kesehatan dan aparat keamanan. Semua sektor bekerja dan tunduk dalam melaksanakan rencana haji, dimana Allah telah menetapkan pada kita keistimewaan karena haji tahun ini aman dan tertib." Jemaah haji tahun ini patut dipuji karena komitmen mereka terhadap instruksi kesehatan dan peraturan, termasuk memakai masker, jarak fisik, dan kewaspadaan pada sterilisasi.

Dia menekankan bahwa setelah akhir musim, kepresidenan akan memulai persiapannya untuk musim haji mendatang. Diawali dengan kelanjutan operasi sterilisasi yang intensif, dengan harapan besar dapat mencegah virus mencapai Dua Masjid Suci, dan akan terus menyediakan layanan bimbingan, termasuk pelajaran dan kuliah dengan menggunakan banyak platform teknis.

“Atas nama setiap jemaah haji tahun ini, kami ucapkan selamat kepada pimpinan yang bijak atas keberhasilan musim haji ini, dan menyampaikan kepada seluruh dunia bahwa haji tahun ini adalah pesan keamanan dan perdamaian." pungkasnya. (HBO).

 

 

Sumber : Al Arabiya

 

Share Berita ini :

   