KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Haji Tahun Ini Bebas dari Covid-19, Kapuskes Haji Puji Saudi

 Kamis, 22 Juli 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta – dr. Budi Sylvana, Kepala Pusat Kesehatan Haji, mengapresiasi upaya pemerintah Arab Saudi yang dapat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat selama penyelenggaraan haji, sehingga dapat mengendalikan risiko penyebaran Covid-19. Keberhasilan ini tentunya didukung oleh perilaku jemaah yang mematuhi protokol kesehatan tersebut. Saat ini para peziarah masih berada di Mina setelah melakukan wukuf di Arafah dan bermalam di Muzdalifa.

Budi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang mampu mengendalikan penyebaran Covid-19. Hal ini terlihat selama pelaksanaan ibadah haji, para jemaah disiplin melakukan protokol kesehatan dengan ketat, sehingga tidak ada jemaah yang terpapar Covid-19 setelah menunaikan ibadah haji.

“Alhamdulillah hingga hari ini belum ada jamaah yang terinfeksi Covid-19,” ujarnya yang dikutip di Republika, Rabu (21/7).

Dia menyampaikan, kesuksesan musim haji tahun ini bisa dijadikan contoh bagi pelaksanaan haji tahun depan, terutama jika pandemi belum berakhir. Untuk itu, kerjasama yang baik antara penyelenggara dengan jemaah dalam menerapkan protokol kesehatan harus terus dilakukan.

Dia mengatakan: "Hal tersebut harus menjadi lesson learned dan pembelajaran bagi semua pihak. Para petugas maupun jemaah haji Indonesia harus mempersiapkan diri untuk haji berikutnya jika sudah dibuka."

Budi mengatakan di masa pandemi saat ini, perlu ada pembatasan jumlah jemaah haji. Hal tersebut untuk mencegah jemaah haji dari penyebaran Covid selama pelaksanaan ibadah haji.

“Hal ini dilakukan agar pelaksanaan protokol kesehatan dapat berjalan dengan lancar dan terpantau dengan jumlah jemaah yang terkendali.” ujarnya.

Budi menyampaikan jika Arab Saudi menggelar haji normal tahun depan, langkah-langkah berikut masih perlu dilakukan. Yang pertama adalah vaksinasi, karena vaksinasi lengkap merupakan syarat wajib bagi jemaah haji. “Oleh karena itu, jemaah haji Indonesia harus mendapatkan vaksinasi lengkap sebelum keberangkatan,” katanya.

Ia juga terus menghimbau kepada seluruh calon jemaah haji agar segera menyelesaikan vaksinasi, karena merupakan persyaratan dari pemerintah Saudi.

Kedua, pelaksanaan protokol kesehatan yang sangat ketat. Jamaah harus senantiasa memakai masker ditempat umum, jika ketahuan melepas masker maka akan didenda. Dan dapat dilihat bahwa pada ibadah haji tahun ini, para jemaah haji taat mematuhi aturan yang diberlakukan oleh Arab Saudi. (HBO).

 

Sumber : Republika

 

Share Berita ini :

   