KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Saudi Umumkan Musim Haji Tahun Ini Bebas Covid-19

 Rabu, 21 Juli 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta – Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan bahwa tidak ada virus corona (COVID-19) atau penyakit menular lainnya diantara para jemaah haji tahun ini. Para peziarah yang mengikuti haji tahun ini telah mematuhi protokol kesehatan di semua tempat suci.

Juru bicara Kemenkes Dr. Mohammed Al-Abd Al-Aly mengumumkan berita tersebut pada konferensi pers bersama dengan Kemendagri, serta Kementerian Haji dan Umrah. Dia menyampaikan bahwa kondisi kesehatan para peziarah umumnya baik. Hingga saat ini, Kemenkes Saudi telah menangani 651 kasus kelelahan fisik, 396 gawat darurat, 37 heat stroke, 26 rawat inap, dan 6 kateterisasi jantung yang berhasil, dilansir dari Arab News, Rabu (21/7).

Letkol. Talal Al-Shalhoub, juru bicara Kementerian Dalam Negeri, berbicara tentang pentingnya menerapkan mekanisme keamanan tambahan untuk haji tahun ini. Lebih banyak polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan serta memantau penerapan protokol kesehatan COVID-19. Dia juga menyampaikan hingga saat ini terdapat 356 pelanggar selama haji. Sebagian besar berusaha mencapai tempat-tempat suci tertentu di Muzdalifah, Arafat, dan Masjidil Haram. “Saya ingin menekankan pentingnya menerapkan langkah-langkah keamanan haji dan menghindari pelanggaran,” kata Al-Shalhoub.

Diumumkan juga pada hari Selasa bahwa sesuai dengan instruksi Raja Salman, Direktorat Jenderal Paspor telah memperpanjang masa berlaku izin tinggal orang asing, visa kunjungan, visa keluar dan visa kembali. Semuanya akan diperpanjang secara otomatis, tanpa biaya atau kompensasi finansial apapun hingga 31 Agustus. (HBO).

 

 

Sumber : Arab News

Share Berita ini :

   