KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Rumah Sakit Saudi Gunakan Teknologi Modern Dalam Melayani Jemaah Haji

 Senin, 19 Juli 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta – Kementerian Kesehatan Saudi telah meluncurkan teknologi medis modern di Rumah Sakit Tanah Suci untuk memfasilitasi perawatan dan layanan kesehatan bagi jemaah haji.

Dilansir di Arab News, Senin (19/7), Unit telemedicine akan diaktifkan di RS ini dalam kasus disaat dokter tidak ada di tempat, sehingga kondisi pasien dapat dipantau dari jarak jauh dan cepat.

Kementerian juga telah meluncurkan program pengarsipan elektronik gambar sinar-X dan pertukarannya antara departemen radiologi RS di seluruh tanah suci dan rumah sakit virtual kementerian untuk memberikan layanan diagnostik yang akurat. Setelah itu konsultan menulis laporan dan memberikannya kepada ahli radiologi yang bekerja di RS tersebut.

Sistem layanan laboratorium rumah sakit akan mengatur dan mengelola dokumen secara elektronik, mentransfer datanya, dan mengindeksnya dalam sistem komputer khusus untuk memudahkan pencarian dan pengambilan.

Kementerian juga menyiarkan pesan-pesan promosi kesehatan kepada peziarah melalui situs web, media, dan tempat tinggal jemaah selama di Tanah Suci.

Pesan-pesan tersebut menampilkan informasi tentang tindakan langkah-langkah pencegahan dan tindakan kehati-hatian yang perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 selama musim haji ini. Langkah-langkah tersebut antara lain mengenakan masker, menjaga jarak sosial, memastikan kebersihan, dan memberikan saran medis kepada penderita diabetes, asma dan penyakit kronis lainnya, dan memberikan layanan untuk membantu jemaah haji untuk melakukan ritual haji mereka. (HBO).

 

 

Sumber : Arab News

 

Share Berita ini :

   