KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kemenkes Saudi Siap Menyelenggarakan Haji Tahun Ini

 Selasa, 13 Juli 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta - Kementerian Kesehatan Arab Saudi menegaskan akan terus bekerja keras menjaga kesehatan dan keselamatan jemaah haji 1442 H, diantaranya dengan menerapkan beberapa tindakan pencegahan. Dalam rangka untuk menjamin musim haji yang sehat dan aman terutama di masa pandemi Corona, prosesi ibadah haji dilakukan dengan syarat menjaga jarak fisik, untuk melindungi keselamatan jemaah haji.

Dilansir di Alarabiya (13/7), Pemerintah Saudi menerapkan standar tertinggi keselamatan kesehatan dan langkah-langkah pencegahan global, untuk memastikan keselamatan jemaah dalam menunaikan ibadah haji hingga mereka kembali ke tempat tinggal mereka dengan selamat dan aman, dengan menyerukan kepada semua jemaah untuk mematuhi semua tindakan pencegahan. Misalnya menjaga jarak fisik, memakai masker dan menjaga kebersihan diri. Selain itu mereka yang menunaikan ibadah haji tahun 1442H ini harus divaksinasi dengan vaksin virus corona dosis kedua untuk memastikan keselamatan mereka dan jemaah haji lainnya.

Siapkan fasilitas kesehatan

Kementerian telah menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan pengobatan di tempat-tempat suci, dengan tujuan memberikan perawatan medis kepada para jemaah, diantaranua rumah sakit Arafat Timur, Jabal al-Rahma dan Mina al-Wadi. Selain itu disiapkan pula 6 pusat kesehatan; dua di antaranya berada di Arafah, satu terletak di tengah jalan bagi pejalan kaki Arafat, dan tiga terletak di pusat akomodasi jemaah Mina.

Sejumlah kader medis dan teknis turut berpartisipasi memberikan layanan kesehatan kepada jemaah, menunjuk pada intensifikasi persiapan mereka untuk menangani kasus stres panas, dan penyakit terkait panas lainnya yang diperkirakan akan terjadi tahun ini. Karena musim haji bertepatan dengan kenaikan suhu panas, akan disediakan banyak kipas kabut air, yang telah terbukti efektif dalam menurunkan suhu, mengurangi tekanan panas dan sengatan matahari. (HBO).

 

 

Sumber : Alarabiya

 

Share Berita ini :

   