KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Webinar Nasional Silaturahim Petugas Kesehatan Haji Bersama Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc

 Minggu, 06 Juni 2021
 Puskeshaji

Puskes Haji, Jakarta - Minggu 6 Juni 2021 telah berlangsung Webinar Nasional dengan tema “Silaturahim Petugas Kesehatan Haji bersama Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc” acara yang digagas oleh mantan alumni Petugas Kesehatan Haji Tahun 2016, 2017, 2018 dan 2019 serta calon petugas Kesehatan Haji Tahun 2022, berlangsung dengan sukses dan lancar. Acara yang diikuti oleh sebanyak 1.000 lebih calon petugas kesehatan haji dan alumni petugas kesehatan haji seluruh Indonesia ini dikuti dengan antusias oleh seluruh peserta yang menyaksikan melalui Zoom Could Meeting dan live streaming Youtube. Acara ini merupakan penghargaan alumni Petugas Kesehatan Haji dan calon Petugas Kesehatan Haji kepada Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc yang merupakan Kepala Pusat Kesehatan Haji yang mempimpin Pusat Kesehatan Haji sejak tahun 2017 sampai Juni 2021. Eka merupakan Kapuskes Haji terlama yang pernah memimpin Pusat Kesehatan Haji sejak Pusat Kesehatan Haji berdiri tahun 2010 di bawah Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan.

Dalam arahannya Eka menyampaikan, “Untuk teman-teman yang belum bertugas tahun 2021 ini karena adanya pembatalan Ibadah Haji Indonesia tahun 2021, saya menganjurkan kepada calon petugas kesehatan agar mengindari hati yang sempit, hindari perkataan yang tidak benar, adu domba, dan menyebar fitnah, karena tugas dari petugas kesehatan haji bukan hanya di Arab Saudi tapi mulai sejak di Indonesia. Kerja itu harus punya target, seperti saya dulu di Subdit TB saya ngurusin TB, di Subdit Kusta saya mengurus Kusta, di Haji pun saya mengurus kesehatan haji, mengurus Jemaah Haji Indonesia”. “Dalam mengurus haji harus sabar, tidak boleh ada kepentingan lain selain kepentingan untuk Jemaah Haji Indonesia. Harus diikuti perkembangan Haji secara nasional maupun secara global”. Rotasi di Kementerian Kesehatan merupakan hal yang biasa, Saya harapkan nanti yang menggantikan saya lebih bagus lagi daripada saya, saling berdoa, dan mendoakan”. “Pusat Kesehatan Haji keren, ada banyak suka dan duka, hal itu merupakan hal yang wajar dalam kehidupan. Strategi harus dipikirkan secara terus menerus, bagaimana kebijakan yang diambil akan berdampak kepada Jemaah Haji dan kepada petugas haji, maka semua harus sudah siap dengan segala perubahan kebijakan dan dinamika yang sangat sering terjadi di kesehatan Haji”. Lanjut Eka dalam arahannya.

“Tim Gerak Cepat pertama kali diinisiasi oleh Pusat Krisis Kesehatan, sehingga hubungan antara Pusat Kesehatan Haji dan Pusat Krisis sangat erat sekali, nanti akan banyak yang bisa dilakukan antara Pusat Kesehatan Haji da Pusat Krisis Kesehatan”. Terlalu banyak cerita yang telah ditorehkan sejak tahun 2016 sampai saat ini, kalau dibuat buku pasti akan sangat tebal sekali bukunya”. Biasanya nanti mantan Kapuskes Haji akan diajak pada penyelenggaraan kesehatan haji tahun yang akan datang. Seperti Saat tahun 2016 Mantan Kapuskes Haji Pak Fidiansjah terlibat dalam Tim Asistensi mendampingi Penyelenggaraan kesehatan haji di Tahun 2016, pada saat itu Kapusnya adalah Pak Muchtaruddin Mansyur (Pak MM). begitu juga nanti apabila haji tahun 2022 terselenggara, maka In Shaa Allah nanti saya akan terlibat”. Demikian Eka menutup arahannya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan oleh dr. Soni Budiyono yang merupakan calon PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan yang akan bertugas sebagai Satgas Gerak Cepat (Satgas GC) di Daerah Kerja Mekkah 2022 dan dr. Rita yang merupakan calon Tim Kesehatan Haji (TKH) dari Kabupaten Garut, Jawa Barat, serta perwakilan alumni petugas kesehatan haji tahun 2019, 2018, dan perwaiklan Pusat Kesehatan Haji. (AIR)

Share Berita ini :

   