KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kota Depok Kejar Target Vaksinasi Covid-19 Bagi Jemaah Haji

 Rabu, 05 Mei 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Depok - Vaksinasi Covid-19 merupakan program pemerintah yang saat ini dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah dalam menghentikan pandemi Covid-19 dengan memberikan imunitas kepada setiap penduduk, termasuk jemaah haji.

Sub Koordinator Fasilitas Pelayanan Kesehatan Haji, dr. Edi Supriyatnya, MKK mengatakan, “Sebagian jemaah haji pada dasarnya sudah divaksinasi karena termasuk salah satu prioritas skema nasional yang sudah dijalankan yaitu Tenaga Kesehatan, Pelayan Publik dan Lansia”. Hal tersebut disampaikan Edi dalam acara pertemuan Koordinasi dan Input data hasil vaksinasi jemaah haji Kota Depok di Hotel Santika Depok pada 5 Mei 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 jemaah haji di Kota Depok ini, dihadiri oleh Koordinator Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji, Sub Koordinator Fasilitas Pelayanan Kesehatan Haji, pengelola Program Kesehatan Haji Dinas Kesehatan Kota Depok, para pengelola program kesehatan haji Puskesmas diwilayah Kota Depok dan staf Pusat Kesehatan Haji.

Kota Depok adalah salah satu Kota di wilayah Jawa Barat yang memiliki jumlah dengan sasaran vaksinasi jemaah haji yang banyak yaitu 1.899 jemaah. Berdasarkan data Siskohatkes (5/5/2021 pukul 09.00WIB) jumlah jemaah haji yang sudah divaksinasi dan diinput kedalam Siskohatkes sebanyak 1.024 orang (53,21%).

Pengelola program kesehatan haji kota Depok, Adi mengatakan, “Sebagian besar jemaah haji sudah divaksinasi Covid-19 namun belum semua diinput ke dalam Siskohatkes, karena terkendala sulitnya melakukan pelacakan jemaah haji yang vaksinasi di luar fasilitas pelayanan kesehatan”.

Cucu Wayamah, Pengelola program kesehatan haji Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur menjelaskan, “Jemaah haji yang telah melakukan vaksinasi di luar fasilitas pelayanan kesehatan dapat dilacak melalui aplikasi P-Care dan KPCPEN”. Selanjutnya Cucu memberikan tutorial cara pelacakan tersebut, dan peserta pun antusias menyimak sambil mempraktekan input data hasil vaksinasi jemaah haji di wilayahnya.

Kegiatan berakhir pada pukul 16.00 WIB, dengan hasil cakupan vaksinasi Covid-19 jemaah haji meningkat menjadi 1.486 orang (78,25%), adapun beberapa jemaah masih ada yang belum dapat di vaksinasi karena memiliki penyakit kontra indikasi dengan vaksin, penyintas Covid-19 dan ada sebagian yang belum datang ke fasilitas pelayanan kesehatan.

“Hal tersebut merupakan PR kami, untuk segera memfollow up jemaah haji yang belum melakukan vaksinasi” ujar Adi. “Kami biasanya bekerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama Kota Depok untuk melakukan pelacakan jemaah haji yang belum di vaksinasi Covid-19 ini” lanjut Adi.

Pusat Kesehatan Haji berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat mendongkrak cakupan vaksinasi Covid-19 Nasional dan di Kota Depok secara khususnya. (NK)

Share Berita ini :

   