KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

WHO Support Pusat Kesehatan Haji Siapkan Vlog Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Bagi Jemaah Haji

 Sabtu, 01 Mei 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Depok - Selama masa Pandemi Covid-19, persiapan dalam penyelenggaraan kesehatan haji terus dilaksanakan, salah satunya giat melakukan promosi kesehatan. Promosi kesehatan menjadi sangat penting untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran dan penularan penyakit Covid-19.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, dalam pertemuan penyusunan skrip vlog pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada jemaah haji Indonesia menyampaikan, “vlog ini dibuat agar memudahkan jemaah haji memahami tentang bagaimana agar tetap aman dan terhindar dari penularan Covid-19 selama menjalankan ibadah haji di masa pandemi”.

“Materi vlog diambil dari pedoman pencegahan Covid-19 yang telah kami susun”, lanjut Eka.

Selama masa pandemi Covid-19, Pusat Kesehatan Haji telah menerbitkan pedoman-pedoman pencegahan dan penanganan Covid-19 untuk jemaah haji, antara lain:
1. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Bagi Petugas Dan Jemaah Haji Umrah (Protokol Kesehatan Haji & Umrah)
2. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kesehatan Haji di Arab Saudi
3. Petunjuk Karantina Dan Isolasi Mandiri Bagi Jemaah Haji dan Umrah
4. Standar Tempat Karantina Dan Isolasi Mandiri Pada Penyelenggaraan Haji Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)
5. Petunjuk Penanganan Covid-19 Pada Jemaah Haji

Pertemuan penyusunan skrip vlog pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang berlangsung selama 3 hari ini (1 s.d 3 Mei 2021 ) dilaksanakan di Hotel Savero Depok dan dihadiri oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji, Para Koordinator di lingkungan Pusat Kesehatan Haji, para pengelola program kesehatan haji dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Dinas Kesehatan Kota Bandung, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan dan Dinas Kesehatan Kota Depok beserta para staf Pusat Kesehatan Haji.

Koordinator Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji, dr. Halimatussadiah, MKM mengatakan “kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Pusat Kesehatan Haji bekerjasama dengan World Health Organization (WHO) sebagai upaya pencegahan dan pengendalian faktor risiko jemaah haji terhadap penularan Covid-19.”

“Rencananya akan dibuat sebanyak 30 vlog dan bercerita tentang bagaimana cara pencegahan penularan Covid-19 sejak jemaah haji berangkat dari rumah menuju asrama haji, selama di Arab Saudi dan sampai kembali ke Indonesia” lanjut Diah.

Berdasarkan data dari gugus tugas Covid-19 sampai dengan tanggal 30 April 2021, jumlah penduduk Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.668.368 dengan tingkat kesembuhan sebanyak 91,27% (1.522.634 orang) dan meninggal sebanyak 45.521 (2,73%). (NK)

Share Berita ini :

   