KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Menko PMK: “Apresiasi UMSU yang Telah Sukes Gelar Vaksinasi COVID-19 Lintas Agama Tahap Pertama dan Kedua dengan Baik”

 Sabtu, 01 Mei 2021
 Puskeshaji

Puskes Haji, Medan - Sabtu 1 Mei 2021 bertempat di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) telah berlangsung kegiatan Vaksinasi COVID-19 dosis kedua bagi masyarakat lintas agama di Kota Medan, Sumatera Utara. Acara yang diprakarsai Kementerian Kesehatan yang bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menggandeng UMSU dalam pelaksanaan vaksinasi ini sangat sukes, karena dari 1000 target sasaran yang direncanakan, telah dilakukan Vaksinasi COVID-19 sebanyak 91,1%, suksesnya acara ini turut didukung Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendi, MAP dalam sambutannya menyebutkan, “Kami sangat mengapresiasi UMSU yang telah dengan sukses menggelar vaksinasi massal lintas agama tahap pertama dan tahap kedua dengan baik,". Muhadjir juga mengatakan, “Kegiatan vaksinasi untuk para tokoh lintas agama tersebut merupakan inisiatif dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan. Untuk pelaksanaan di Kota Medan, kedua kementerian tersebut menggandeng UMSU.”

Profesor Dr. Agussani, MAP yang merupakan Rektor UMSU dalam sambutannya menyatakan, “Vaksinasi COVID-19 lintas agama ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh UMSU, diharapkan acara ini dapat mendukung program pemerintah dalam rangka penanggulangan Pandemi COVID-19 khususnya di Kota Medan, Sumatera Utara dan Indonesia pada umumnya”. “Pemberian Vaksinasi COVID-19 ini merupakan vaksinasi dosis kedua yang diberikan dengan melibatkan tokoh lintas agama dari 6 Agama yang berasal dari FKUB Kota Medan Provinsi Sumatera Utara yaitu tokoh Agama Islam, Kristen, Katholik, Budha, Hindu dan Konghucu”. “Terima kasih kepada Kementerian Kesehatan yang telah memfasilitasi Vaksin COVID-19 pada acara hari ini di UMSU, semoga acara ini dapat mempererat hubungan kerukunan antar umat beragama di Sumatera Utara khususnya’’ lanjut Agussani menutup sambutannya.

Kementerian Kesehatan yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda dr. Edi Supriyatna, MKK dan Pejabat Fungsional Administrator Kesehatan Ahli Muda dr. Ade Irma Rosiani, MKM, sangat memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. Vaksinasi tahap kedua ini sukses digelar UMSU, akan menjadi contoh untuk pelaksaaan vaksinasi COVID-19 di tempat lain, yang bertujuan untuk membentuk imunitas kelompok (Herd Immunity) agar Pandemi COVID-19 ini dapat segera berakhir. Selain menjalankan Vaksinasi COVID-19 diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu patuh menjalankan protokol kesehatan 5M (Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas). (AIR)

Share Berita ini :

   