KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia Dan Jemaah Haji Lansia Berbasis Masjid di Kabupaten Mempawah

 Jum'at, 09 April 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Mempawah - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH, hari ini (9 April 2021) meninjau pelaksanaan vaksinasi lansia berbasis masjid di Masjid Al Falah Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Masyarakat lansia termasuk jemaah haji lansia dan pengurus masjid menjadi fokus sasaran vaksinasi.

Dalam kunjungannya kali ini, drg. Oscar Primadi, MPH yang didampingi oleh Sesditjen P2P, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat dan Kepala Bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji, dr. Halimatussadiah, MKM bersama dengan Wakil Bupati Mempawah, H.Muhammad Pagi, S.H.I, MM, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harrison, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Jamiril, SKM, beserta jajarannya, melihat langsung proses vaksinasi, mulai dari tahapan pendaftaran, screening hingga proses penyuntikan vaksinasi sambil sesekali melakukan interaksi dengan masyarakat lansia maupun jemaah haji lansia yang akan dan telah divaksinasi.

Perwakilan Pusat Kesehatan Haji yang hadir selain dr. Halimatussadiah, MKM, adalah dr. Novitasari Nurlaila, MM, dr. Citra Kurniasari, Sp.KP, Dian Yudianto, Apt, M.Kes. Kegiatan ini dihadiri pula oleh perwakilan Subdit Imunisasi Kemenkes, dan calon TKHI dan PPIH dari Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Mempawah yang melakukan penyuluhan kesehatan dan pemutaran vlog kepada masyarakat yang sedang diobservasi setelah penyuntikan.

Sasaran vaksinasi hari ini yaitu 209 orang yang terdiri dari 49 jemaah haji lansia, 95 orang lansia non jemaah haji dan 65 orang masjid dan pengurus masjid Al Falah. Dari 49 jemaah haji lansia, sebanyak 30 orang yang divaksinasi, 9 orang ditunda karena dirujuk ke rumah sakit untuk mendapat rekomendasi dari dokter ahli terkait kelayakan menerima vaksinasi dan sisanya sudah mendapat vaksinasi di Puskesmas.

Dengan dilaksanakannya vaksinasi berbasis masjid hari ini, diharapkan Kabupaten Mempawah dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk melakukan pelaksanaan vaksinasi sebagai bentuk dukungan percepatan program vaksinasi nasional dalam pengendalian pandemi COVID-19 di tanah air. (HD, DY, CK, NV)

Share Berita ini :

   