KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Input Data Jemaah Haji Lansia pasca Vaksinasi COVID-19 di DI Yogyakarta

 Jum'at, 09 April 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Yogyakarta – Pertemuan koordinasi dan Pencatatan Hasil Vaksinasi Covid-19 ke dalam aplikasi Sistem Informasi Terpadu Kesehatan Haji (Siskohatkes), Kegiatan dilaksanakan di Hotel Grand Dafam Rohan pada tanggal 8 - 10 April 2021 difasilitasi oleh Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI.

20 orang pengelola kesehatan haji berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota Daerah Istimewa Yogyakarta hadir dalam pertemuan. Peserta membawa data hasil vaksinasi Covid-19 pada jemaah haji di wilayahnya. Selain itu, turut hadir pula Sub Koordinator PPFR Kesehatan Haji dr. Muhammad Imran, MKM dan Sub Koordinator Program dan Informasi Kesehatan Haji dr. Melzan Dharmayuli, MHM beserta jajarannya dan memberikan apresiasi kepada peserta pertemuan tersebut.

Imran mengatakan, “Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi calon jemaah haji harus dibarengi dengan proses input ke dalam aplikasi Siskohatkes, sehingga dapat terlihat langsung hasil cakupannya pelaksanaan vaksinasi Covid -19 di Daerah Istimewa Yogyakarta”.

Pada kegiatan tersebut dilakukan pendampingan langsung kepada Dinkes kabupaten/kota di Provinsi DIY, sehingga data yang dientry dengan optimal dan memenuhi target yang diinginkan. Data input Jemaah haji lansia di Provinsi DIY sebelum kegiatan sebesar 42%. Setelah kegiatan ditutup, persentase melampaui target. Dari jumlah sasaran Lansia yang ditargetkan sebanyak 890 jemaah, sebanyak 924 jemaah (103.4%) telah di entry ke dalam Siskokahtkes. Oleh sebab itu, di akhir kegiatan para peserta membuat kesepakatan secara tertulis dan akan segera dilaksanakan sebagai upaya percepatan program vaksinasi jemaah haji karena sertifikat vaksinasi merupakan persyaratan diterbitkannya visa jemaah haji.

Adapun isi Kesepakatan Pertemuan Koordinasi dan Pencatatan Hasil Vaksinasi Covid-19 Pada Jemaah Haji Lansia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebagai berikut:
1. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas melaksanakan Vaksinasi Covid-19 pada Calon Jemaah Haji dilaksanakan mengikuti mekanisme dan ketentuan dari Kementerian Kesehatan tentang Vaksinasi Covid-19.
2. Pelaksanaan Vaksinasi pada jemaah haji lansia diharapkan bisa dilanjutkan sampai semua calon jemaah haji lansia yang memenuhi syarat mendapatkan vaksin Covid-19.
3. Pelaksanaan Vaksinasi pada calon jemaah haji non lansia dimulai pada bulan April 2021 mengikuti tahapan kelompok rentan, sesuai dengan ketersediaan vaksin.
4. Proses vaksinasi Covid-19 dan Meningitis bagi calon jemaah haji lansia dan non lansia diharapkan selesai pada akhir Mei 2021 serta dientri ke Siskohatkes.
5. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas melakukan berbagai upaya percepatan Vaksinasi Covid-19 termasuk pada calon jemaah haji, sesuai dengan Surat Edaran dari Kepala Pusat Kesehatan Haji.
6. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas secara berkelanjutan melakukan input data ke siskohatkes bagi Calon Jemaah Haji yang sudah divaksinasi Covid-19, baik Calon Jemaah Haji Lansia dan Non Lansia.
7. Dinas Kesehatan Provinsi DIY melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala tentang progres input siskohatkes jemaah haji yang sudah divaksinasi meningitis dan vaksinasi Covid-19. (HS)

Share Berita ini :

   