KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Pusat Kesehatan Haji Tinjau Persiapan Vaksinasi Jemaah Haji Lansia Kabupaten Mempawah

 Kamis, 08 April 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Mempawah - Kamis, 8 April 2021. Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, mempersiapkan pencanangan vaksinasi jemaah haji dan lansia yang akan dilaksanakan pada Jumat, 9 April 2021. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH, bersama dengan Bupati Mempawah, Hj. Erlina Ria Norsan, diagendakan untuk meresmikan pencanangan tersebut. Dalam kesempatan ini Sekretaris Jenderal sekaligus akan melihat kemajuan pembangunan RSUD Rubini yang sedang dalam pembangunan.

Perwakilan Pusat Kesehatan Haji yang hadir ke Kabupaten Mempawah untuk meninjau persiapan tersebut adalah dr. Halimatussadiah, MKM, dr. Citra Kurniasari, Sp.KP, dr. Novitasari Burlaila, MM dan Dian Yudianto, Apt, M.Kes, diawali dengan rapat koordinasi di ruang rapat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Jamiril, SKM dan dilanjutkan dengan survey ke lokasi pelaksanaan vaksinasi di Majid Al Falah, Mempawah. Lokasi pelaksanaan vaksinasi akan diadakan di lantai dasar masjid untuk memudahkan sasaran vaksinasi yang sebagian besar adalah lansia.

Dari sasaran yang terdaftar untuk divaksinasi sebanyak 209 orang, 49 orangnya adalah jemaah haji lansia, 95 orang lansia non jemaah haji, dan sisanya adalah anggota dewan masjid dan pengurus masjid Al Falah. Tim vaksinator yang disiapkan sebanyak 5 tim masing-masing 5 orang, dari 4 Puskesmas yaitu Puskesmas Mempawah, Puskesmas Antibar, Puskesmas Sungai Bakau Kecil dan Puskesmas Semudun. Tiap Puskesmas akan siapkan ambulan untuk proses rujukan bila diperlukan.

Menurut Jamiril, kemungkinan sasaran akan lebih dari yang sudah terdaftar, karena besar kemungkinan jemaah haji yang akan sholat Jumat di masjid juga akan minta divaksinasi. “Kami akan layani semua bila ada masyarakat yang saat itu sholat di masjid minta untuk divaksinasi. Karena ketersediaan vaksin kami masih cukup yaitu sebanyak 160 vial, artinya ada 1600 dosis”, kata Jamiril.

Calon sasaran vaksinasi yang sudah terdaftar sudah dilakukan skrining kesehatan terlebih dahulu di Puskesmas masing-masing, untuk memudahkan proses pelaksanaan pada hari Jumat besok. Dalam proses skrining tersebut didapatkan 9 jemaah haji yang dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan rekomendasi dari dokter ahli terkait dengan kelayakan jemaah haji tersebut untuk menerima vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiapkan mini ICU di RSUD Rubini sebagai rumah sakit rujukan. (HD)

Share Berita ini :

   