KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Calon Jemaah Haji 9 Provinsi Tetap Semangat Melakukan Pengukuran Kebugaran Persiapkan Haji 2021

 Selasa, 06 April 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Jakarta – Minggu hingga Selasa 4 – 6 April 2021 telah berlangsung pengukuran kebugaran dan evaluasi dalam rangka Workshop Pembinaan Kesehatan Haji dan Pengukuran kebugaran Jasmani Jemaah Haji. Acara ini merupakan rangkaian acara workshop angkatan 5 yang berlangsung secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Pengukuran kebugaran dilakukan pada pukul 06.00 WIB diawali dengan pemanasan yang diikuti oleh calon Jemaah haji yang berasal dari 9 provinsi di Indonesia antara lain: Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Jemaah haji yang melakukan pengukuran kebugaran didampingi oleh Petugas Puskesmas, Pengelola Program Kesehatan Haji dan Pengelola Program Kesehatan Kerja dan Olahraga di Dinkes Provinsi dan Dinkes Kabupaten/Kota pada 9 (Sembilan) provinsi tersebut, serta calon petugas kesehatan haji tahun 2021.

Seluruh Jemaah yang hadir sebelumnya telah melakukan install aplikasi SIPGAR pada Handphone masing-masing yang berbasis Android. Peserta calon Jemaah haji yang sebelumnya telah mengikuti webinar pada hari Sabtu 3 April 2021, tidak mengalami kesulitan dalam melakukan registrasi di aplikasi SIPGAR. Calon Jemaah haji melakukan pengukuran kebugaran dengan metode Rockport dengan berjalan cepat atau berlari dengan jarak 1,6 km. Dari hasil pengukuran kebugaran yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SIPGAR didapatkan hasil pengukuran kebugaran yang direkap oleh pengelola program kesehatan kerja dan olahraga Dinkes masing-masing provinsi melalui akun SIPGAR dan Google site yang telah diberikan username dan password dari Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan.

Acara workshop Angkatan ke 5 ini merupakan rangkaian akhir dari seluruh rangkaian Workshop pengukuran kebugaran jasmani bagi Jemaah haji di masa Pandemi COVID-19 dengan menggunakan Aplikasi SIPGAR. Acara ini ditutup secara resmi oleh dr. Halimatussadiah, MKM yang merupakan Koordinator Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji. Dalam arahannya Diah menyampaikan, “Apresiasi yang besar diberikan kepada seluruh calon Jemaah haji dari 9 provinsi yang telah mengikuti Workshop Angkatan ke 5 ini dengan penuh semangat, walaupun pengumuman resmi dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tentang keberangkatan haji tahun 2021 belum ada sampai saat ini, diharapkan kepada Jemaah haji tetap terus menjaga kebugaran dengan terus melakukan aktivitas fisik yang terukur dengan menggunakan Aplikasi SIPGAR”. Apresiasi juga diberikan oleh Diah kepada pengelola kesehatan kerja dan Olahraga di Dinkes Provinsi dan Dinkes Kabupaten/Kota, “Agar petugas pengelola kesehatan kerja dan olahraga terus melakukan kolaborasi dan Kerjasama dengan petugas pengelola kesehatan haji agar hasil pengukuran kebugaran jemaah haji ini terus dimonitor didalam Aplikasi SISKOHATKES, sehingga capaian pengukuran kebugaran pada masa keberangkatan dari masing-masing provinsi dapat mencapai target sesuai RENSTRA Pusat Kesehatan Haji”. (AIR)

Share Berita ini :

   