KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Banten Catat Hasil Vaksinasi Covid-19 Jemaah Haji di Siskohatkes

 Selasa, 06 April 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Serang - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Banten masih terus berlangsung, dari 376.659 target sasaran penduduk Banten, sebanyak 280.287 orang (74,56%) telah di vaksin (Selasa, 6 April 2021).

“Kami masih terus melakukan vaksinasi untuk lansia dan pelayanan public,” ucap Hadi Safaat, Pengelola Kesehatan Haji Provinsi Banten. “Jemaah haji termasuk di dalam sasaran lansia dan pelayanan publik tersebut juga telah kami vaksinasi, target kami setelah pertemuan selesai data hasil vaksinasi juga rampung diinput ke Siskohatkes” lanjut Hadi dalam paparanya di Pertemuan Koordinasi dan Pencatatan Hasil Vaksinasi Covid-19 Jemaah Haji Lansia di Hotel Le Dian, Banten.

Pusat Kesehatan Haji selaku satuan kerja di Kementerian Kesehatan yang bertanggung jawab pada penyelenggaraan kesehatan haji, memfasilitasi Dinas Kesehatan Provinsi Banten untuk melaksanakan pertemuan ini dan mengundang Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Banten beserta perwakilan Puskesmas di wilayah Kota Tangerang.

Pertemuan yang diselenggarakan di Hotel Le Dian Serang Banten selama 3 hari (4 s/d 6 April 2021) dihadiri oleh Dinas Kesehatan di wilayah Banten dan 5 Puskesmas Kota Serang, selain itu turut hadir pula Kepala Pusat Kesehatan Haji dan para koordinator, sub koordinator serta staf Pusat Kesehatan Haji.

Sasaran jemaah haji lansia di Provinsi Banten sebanyak 2.762 orang, sampai dengan hari terakhir pertemuan sudah 1.408 orang (51%) jemaah haji lansia yang diinput, hal ini mengalami peningkatan dibanding sebelum pertemuan, data yang tercatat di Siskohatkes hanya sebanyak 769 orang (27,84%).

Di akhir kegiatan para peserta membuat kesepakatan secara tertulis dan akan segera dilaksanakan sebagai upaya percepatan program vaksinasi jemaah haji di Provinsi Banten. Isi kesepakatan tersebut adalah sebagai berikut:
a. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas melaksanakan Vaksinasi Covid-19 pada Jemaah Haji dilaksanakan mengikuti mekanisme dan ketentuan dari Kementerian Kesehatan tentang Vaksinasi Covid-19.
b. Pelaksanaan Vaksinasi pada jemaah haji lansia diharapkan bisa dilanjutkan sampai semua jemaah haji lansia yang memenuhi syarat mendapatkan vaksin Covid-19.
c. Pelaksanaan Vaksinasi pada jemaah haji non lansia dimulai pada bulan April 2021 mengikuti tahapan kelompok rentan, sesuai dengan ketersediaan vaksin.
d. Proses vaksinasi Covid-19 dan Meningitis bagi jemaah haji lansia dan non lansia diharapkan selesai pada akhir Mei 2021 serta dientri ke Siskohatkes.
e. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas melakukan berbagai upaya percepatan Vaksinasi Covid-19 termasuk pada jemaah haji.
f. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas secara terus menerus melakukan input data ke siskohatkes bagi Jemaah Haji yang sudah divaksinasi Covid-19, baik Jemaah Haji Lansia dan Non Lansia.
g. Dinas Kesehatan Provinsi Banten melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala tentang progres input siskohatkes jemaah haji yang sudah divaksinasi meningitis dan vaksinasi Covid-19.

Demikian isi kesepakatan yang dibuat dengan ditanda tangani oleh Pengelola Kesehatan Haji Dinas Kesehatan Provinsi Banten, perwakilan pengelola kesehatan haji Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Banten dan diketahui oleh perwakilan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI. (NK)

Share Berita ini :

   