KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Palu Mantap Bergerak Melalui Vaksinasi Covid-19 Bagi Jemaah Haji Lansia

 Kamis, 01 April 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Palu - Pemerintah Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, saat ini sedang melaksanakan pemberian vaksinasi Covid-19 bagi Calon Jamaah Haji Lansia dan Pelayanan Publik Lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan yang ada termasuk Rumah Sakit dan Puskesmas.

Pada hari Selasa, 31 Maret 2021 kegiatan yang dilaksanakan di salah satu Puskesmas Kota Palu, yaitu Puskesmas Sangurara mendapat kunjungan dari Staf Ahli Walikota Bidang Infrastruktur dan Lingkungan, dr. Royke Abraham, MAP. Beliau juga didampingi oleh Perwakilan dari Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Kemenag Kota Palu serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Dari Kementerian Kesehatan dihadiri oleh Koordinator Bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Pusat Kesehatan Haji, dr. Halimatussadiah, MKM dan Esny Burase, SKM, MKM. Dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah diwakili oleh Kabid Kesmas, IIham SKM, MKes, beserta Kabid P2P dan Kesling Dinkes Kota Palu, drg. Lutfiah, MKM dan Kepala Puskesmas Sangurara drg. Akmal.

Pelaksanaan vaksinasi dimulai dari pukul 08.00 wita sampai selesai dengan tetap menegakkan Protokol Kesehatan. Dari sasaran 157 Jamaah Haji Lansia, yang dilakukan vaksinasi sebanyak 56 orang. Selain itu terdapat 6 orang ditunda pemberian vaksinnya, karena berdasarkan proses screening terdapat Riwayat DM tidak terkontrol, Hipertensi dengan tekanan darah di atas dari ketentuan yang ditetapkan, post operasi serta riwayat penyakit jantung berat. Untuk Calon Jamah Haji Lansia yang tunda tersebut, akan dilaksanakan perbaikan kondisi kesehatan, kemudian vaksinasi akan diberikan di Puskesmas masing-masing tempat jemaah haji melaksanakan Pemeriksaan Kesehatan sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut dr. Halimatussadiah menyampaikan bahwa jemaah haji lansia merupakan prioritas penerima vaksinasi Covid-19, dan masuk dalam tahapan kedua vaksinasi. Diharapkan jemaah haji tetap menjaga kesehatannya karena saat melakukan Ibadah Haji diperlukan aktifitas fisik yang cukup tinggi.

Selain itu drg. Lutfiah juga menambahkan pesan bahwa walaupun jemaah haji sudah selesai divaksinasi, namun harus tetap menggunakan Protokol Kesehatan, antara lain memakai masker, mencuci tangan serta menjaga Jarak. Kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan pembinaan kesehatan yang dilakukan oleh Calon Petugas Haji Bidang Kesehatan. Para petugas tersebut melakukan penyuluhan kesehatan pada saat jemaah menunggu giliran divaksin, dan saat observasi 30 menit setelah divaksin. Selain itu para petugas tersebut juga membantu Tim Vaksinator Puskesmas dalam tahapan Pendaftaran dan Screening.

Dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi jemaah haji lansia ini diharapkan upaya pemulihan kesehatan dan kebangkitan ekonomi di Kota Palu dapat tercapai, sehingga slogan Palu Mantap Bergerak dapat terlaksana sesuai harapan. (zhan)

 

Share Berita ini :

   