KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Pencatatan Hasil Vaksinasi COVID-19 Pada Jemaah Haji Lanjut Usia

 Selasa, 30 Maret 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Depok - Senin 29 Maret 2021 bertempat di Hotel Bumi Wiyata Depok Jawa Barat, telah berlangsung Pertemuan Pencatatan Hasil Vaksinasi COVID-19 pada Jemaah Haji Lanjut Usia (Lansia). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi jemaah haji yang telah dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dimana Jemaah Haji lansia menjadi prioritas utama dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini menghadirkan sekitar 50 orang pengelola program kesehatan haji dari unsur Dinas Kesehatan Propinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Utara, Selatan, Timur, Barat dan Kepulauan Seribu, serta penanggung jawab program kesehatan haji di puskesmas dari wilayah tersebut. Dalam sambutannya, Kepala Pusat Kesehatan Haji Dr.dr. Eka Jusup Singka, M.Sc menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memfasilitasi proses pencatatan dan pelaporan hasil vaksinasi COVID-19 kedalam Siskohatkes, dengan harapan melalui kegiatan ini dapat memberikan informasi cakupan vaksinasi serta diskusi tentang kendala yang ditemui dan upaya solusinya.

Tidak lupa Eka menyampaikan agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan di propinsi-propinsi lain yang dikoordinir secara mandiri oleh Dinas Kesehatan Propinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kota agar data pelaksanaan vaksinasi di seluruh daerah dapat terekam dan dilaporkan secara baik dan terintegrasi melalui Siskohatkes, sehingga didapatkan informasi cakupan vaksinasi COVID-19 secara nasional yang akan bermanfaat untuk pengambilan kebijakan dan langkah strategis penanganan COVID-19, khususnya pada Jemaah Haji.

Sebagai penutup, Eka mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi kegiatan pencatatan hasil vaksinasi ini, khususnya para pengelola program kesehatan haji dari level propinsi, kabupaten/kota sampai puskesmas. Vaksinasi jemaah haji lansia ditargetkan akan selesai pada akhir bulan Maret 2021 yang kemudian akan dilanjutkan dengan vaksinasi bagi jemaah haji non lansia dengan mengikut skema vaksinasi nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (SMI)

 

Share Berita ini :

   