KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kapuskes Haji: “Pentingnya Vaksinasi Covid-19 Bagi Jemaah Haji Sebelum Berangkat Ke Arab Saudi”

 Sabtu, 27 Maret 2021
 Puskeshaji

Pukses Haji, Jakarta - Sabtu 27 Maret 2021, dalam Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh Forum Perawat Kesehatan Haji Indonesia (FPHKI) yang bekerjasama dengan calon petugas kesehatan haji Provinsi DKI Jakarta, Kepala Pusat Kesehatan Haji memberikan sambutan dan arahannya. Dalam arahannya Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc menyampaikan bahwa, “Persiapan dan pengumuman tentang kuota Jemaah haji dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum final sampai saat ini, tetapi webinar yang dilakukan pada hari ini merupakan salah satu persiapan yang sangat penting bagi Jemaah haji, Saya sangat mengapresiasi webinar yang dilakukan oleh FPKHI dan diikuti secara sporadik dengan kegiatan webinar-webinar di provinsi lain”.

Eka mengatakan, “Keadaan pandemi ini merupakan keadaan global di mana seluruh dunia tidak Istithaáh sehingga tidak dapat mengirimkan Jemaah haji pada tahun lalu. Pusat Kesehatan Haji telah melakukan berbagai persiapan dalam penyelenggaran ibadah haji tahun 2021 antara lain:
1. Pemeriksaan dan pembinaan kesehatan sesuai Permenkes Nomor 15 tahun 2016 tentang Istithaáh Kesehatan Jemaah Haji.
2. Peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku jemaah mengenai COVID-19, melalui media penyuluhan/vlog, poster dan banner.
3. Peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku petugas haji terhadap COVID-19, melalui pelatihan online.
4. Sosialisasi protokol kesehatan (prokes) kepada Jemaah haji dan petugas.
5. Sosialisasi screening dan karantina kepada Jemaah haji dan petugas.
6. Peningkatan kebugaran Jemaah haji melalui aplikasi SIPGAR.
7. Penyusunan standarisasi karantina/isolasi kesehatan haji sebelum berangkat, saat di Saudi dan kepulangan di Asrama Haji.
8. Vaksinasi COVID-19 bagi Jemaah haji.
9. Penyusunan protokol rujukan Jemaah haji jika terkonfirmasi COVID-19 saat di embarkasi dan di Arab Saudi.
10. Penyiapan obat dan alat kesehatan serta sarana/fasilitas kesehatan di Arab Saudi.
11. Koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait penyiapan Jemaah, penyiapan petugas, manajemen penyelenggaraan haji (penerapan prokes dan karantina kesehatan).

Selain itu Eka menyampaikan, “Sebagai salah satu upaya penting dalam penyiapan Jemaah haji adalah vaksinasi COVID-19 bagi Jemaah haji, kita ketahui bahwa Vaksinasi COVID-19 kepada Jemaah haji merupakan upaya perlindungan Jemaah haji terhadap penyakit COVID-19, diberikan dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan terhadap COVID-19, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan”.

“Proses pemberian vaksinasi mengikuti skema nasional pemberian vaksin COVID-19 yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia. Skema Nasional Vaksinasi COVID-19 telah menjadi acuan pelaksanaan vaksinasi di Indonesia termasuk dalam memberikan vaksinasi kepada Jemaah Haji. Melihat karaktersitik Jemaah haji, sesuai skema nasional maka Jemaah haji dapat dikelompokan ke dalam dua bagian yaitu kelompok manula dan kelompok masyarakat rentan. Hanya yang memenuhi syarat vaksinasi yang akan memperoleh Vaksinasi COVID-19. Artinya jika Jemaah haji mengalami gangguan Kesehatan (komorbid berat atau kontraindikasi diberikan vaksin, maka penyuntikan tidak akan diberikan). Sedangkan bagi mereka yang tidak masuk dalam katagori Lansia, yaitu dibawah 60 tahun akan mengikuti skema kelompok masyarakat rentan. Jemaah haji dapat dikatakan masyarakat rentan karena akan melakukan perjalanan ke luar Negeri yang memiliki risiko terhadap penularan COVID-19 apalagi mereka melakukan perjalanan udara dengan masa terbang lebih dari 3 Jam. Merujuk pada skema nasional maka dapat dipastikan, Insya Allah Jemaah Haji Indonesia akan selesai divaksinasi pada Akhir Mei 2021, untuk mempercepat proses ini, diperlukan bantuan Kantor Wilayah Kemenag untuk bersama-sama dalam mengkoordinir proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya masing-masing.”’, demikian Eka menutup arahannya. (AIR)

Share Berita ini :

   