KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Gubernur Anies Baswedan : Pentingnya Istithaah Kesehatan Bagi Jemaah Haji

 Sabtu, 27 Maret 2021
 Puskeshaji

Puskes Haji, Jakarta - Sabtu 27 Maret 2021 telah berlangsung Webinar Nasional PKHI (Pembinaan Kesehatan Haji Indonesia) di Wilayah DKI Jakarta. Acara ini digagas oleh Forum Perawat Kesehatan Haji Indonesia (FPKI) dan didukung oleh seluruh calon petugas kesehatan haji Provinsi DKI Jakarta tahun 2021.

Acara rutin yang dilaksanakan oleh FPKHI kali ini mengundang Gubernur DKI Jakarta H. Anies Rasyid Baswedan,SE., M.P.P., Ph.D. Acara yang diawali dengan pembukaan oleh ketua panitia Yossi Yuliaris, S.Kep yang melaporkan bahwa webinar nasional ini diikuti oleh calon jemaah haji Provinsi DKI Jakarta tahun 2021 sebanyak 450 orang jemaah haji melalui zoom meeting dan sekitar 1000 orang melalui kanal Youtube FPKHI TV. Acara selanjutnya diikuti dengan sambutan ketua umum FPKHI Turiman, S.Kep, Ners. Dalam sambutannya Turiman menyatakan, “ Saya memberikan apresiasi penuh kepada calon petugas kesehatan Provinsi DKI Jakarta atas terselenggaranya webinar ini, diharapkan dengan adanya webinar nasional ini jemaah haji Indonesia, khususnya Jemaah Haji Provinsi DKI Jakarta tetap mempersiapkan diri, menjaga kesehatan dan tetap Istithaáh selama menjalankan ibadah haji dimasa Pandemi COVID-19”.

Acara selanjutnya adalah sambutan dan arahan Gubernur DKI Jakarta H. Anies Rasyid Baswedan,SE., M.P.P., Ph.D. Dalam arahannya melalui rekaman video, Anies menyatakan,’’Mengucapkan selamat atas terselenggaranya webinar nasional Pembinaan Kesehatan Haji Indonesia Provinsi DKI Jakarta, yang kali ini mengambil tema, Istithaáh Kesehatan Jemaah Haji di tengah Pandemi COVID-19. Kita tahu bahwa pandemi ini memberikan dampak yang luar biasa dalam kehidupan kita, termasuk terkait dengan kegiatan haji, bukan hanya kuotanya dikurangi, tapi tata cara pelaksanaannya, menjaga kesehatan selama ibadah, dan hal-hal mendasar lainnya yang harus mengikuti protokol kesehatan. Di sisi lain harus memastikan bahwa seluruh ketentuan bisa dijalankan dengan baik. Karena itu Saya mengapresiasi kegiatan Forum Perawat Kesehatan Haji Indonesia (FPKHI) yang kolaborasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyelenggarakan webinar yang diikuti oleh para calon jemaah haji asal Jakarta. Insya Allah forum ini nanti akan memberikan gambaran yang lengkap terkait dengan kegiatan haji di tengah pandemi dan Insya Allah bisa meminimumkan potensi keterpaparan dari virus COVID-19. Sehingga berangkat selamat, selama perjalanan, selama menjalankan ibadah haji juga selamat. Pulang pun selamat, sehat walafiat. Sekali lagi kami mengucapkan selamat semoga forum ini memberikan kebermanfaatan bagi semua’’. (AIR)

 

Share Berita ini :

   