KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Finalisasi Draft Petunjuk Penanganan COVID-19 Pada Jemaah Haji

 Jum'at, 26 Maret 2021
 Puskeshaji

Puskes Haji, Depok - Jumat 26 Maret 2021 bertempat di Bumi Wiyata Hotel Depok, Jawa Barat telah berlangsung Pertemuan Finalisasi Draft Petunjuk Penanganan COVID-19 Pada Jemaah Haji. Seperti kita ketahui, bahwa Pandemi COVID-19 telah membuat prosesi Ibadah Haji dan Umrah dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Diharapkan Ibadah Haji di masa pandemi kali ini dapat dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan dukungan semua pihak dalam penerapannya. Draft Petunjuk Penanganan COVID-19 pada Jemaah Haji ini disusun dan mengacu pada Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease-19 (COVID-19) yang disesuaikan dengan perkembangan Pandemi COVID-19 dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam sambutan dan arahannya Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc menyampaikan, “Alhamdulillah, Pusat Kesehatan Haji telah menyelesaikan penyusunan Draft Petunjuk Penanganan COVID-19 pada Jemaah Haji, diharapkan draft ini dapat memberikan panduan bagi petugas haji agar dapat melayani jemaah haji dimasa pandemi COVID-19 sesuai dengan situasi dan kondisi di Embarkasi/Debarkasi dan di Arab Saudi”. Dalam kata penutup sambutannya Eka menyampaikan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan draft ini.”

Petunjuk Penanganan COVID-19 pada Jemaah Haji ini, akan dimasukkan dalam ke dalam materi pelatihan bagi calon petugas kesehatan haji baik Tim Kesehatan Haji (TKH) mapun Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan yang akan dilaksanakan secara online atau dalam jaringan (daring) pada April 2021. (AIR)

 

Share Berita ini :

   