KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Calon Petugas Kesehatan Haji 2021 Siapkan Diri Anda Untuk Melaksanakan Tugas Mulia

 Jum'at, 26 Maret 2021
 Puskeshaji

Puskes Haji, Depok - Jumat 26 Maret 2021 bertempat di Bumi Wiyata Hotel Depok, Jawa Barat telah berlangsung pertemuan antara Pusat Kesehatan Haji dengan Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesehatan yang dilakukan secara offline dan dalam jaringan (daring) melalui Zoom Meeting. Rapat ini dilakukan guna mempersiapkan pelatihan bagi calon petugas kesehatan haji baik Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) maupun Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan yang In Shaa Allah akan bertugas tahun ini.

Acara yang dibuka oleh Koordinator Substansi Pendayagunaan Sumber Daya Kesehatan dan Fasilitasi Pelayanan Kesehatan Haji dr. Indro Murwoko mengatakan, “Pelatihan bagi calon petugas kesehatan haji tahun 2021 ini akan dilaksanakan secara online atau dalam jaringan (daring) yang akan bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto, Jawa Barat bagi calon PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan dan berbagai BBPK dan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) yang ada di Provinsi Embarkasi Haji bagi calon TKHI”. Sejalan dengan hal ini Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, “Pelatihan online bagi calon petugas kesehatan haji tahun 2021 ini lebih menekankan pada pelaksanaan ibadah haji di masa Pandemi COVID-19, dimana beberapa kebijakan kesehatan haji yang telah disusun oleh Pusat Kesehatan Haji dalam bentuk Peraturan Menteri Kesehatan, Keputusan Menteri Kesehatan, Surat Edaran, pedoman, maupun pentunjuk teknis terkait penerapan pencegahan dan pengendalian COVID-19 bagi jemaah haji dan petugas akan dimasukkan dalam materi, lalu akan diulas dan dikupas tuntas dalam pelatihan yang akan berlangsung selama 4 (empat) hari secara daring".

Selain itu Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesehatan yang pada pertemuan ini dihadiri oleh Bpak Nusli, menyebutkan bahwa, “Pelatihan online bagi petugas kesehatan haji ini akan diikuti oleh seluruh calon petugas kesehatan haji baik TKHI dan PPIH, di mana dalam 1 (satu) kelas akan diisi oleh 50 orang. Rangkaian kegiatan pelatihan ini, akan diawali dengan pembuatan kurikulum dan modul, diikuti dengan workshop bagi fasilitator yang akan menyampaikan materi pada pelatihan tersebut kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pelatihan online yang In Shaa Allah akan dilaksanakan pada April 2021”. (AIR)

Share Berita ini :

   