KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Pelaksanaan Serempak Vaksinasi Covid-19 Jemaah Haji Lansia Di Kota Sabang

 Kamis, 25 Maret 2021
 Puskeshaji

Puskeshaji, Kota Sabang - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh secara serempak dengan kota-kota lain di Provinsi Aceh melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi jemaah haji lansia di wilayahnya pada hari Selasa, 23 Maret 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Puskesmas Sukakarya, Kota Sabang dengan jumlah jemaah haji lansia yang akan divaksinasi sebanyak 47 jemaah haji. Dari 47 jemaah haji lansia tersebut, terdapat 32 orang dilakukan vaksinasi COVID-19, 9 orang ditunda vaksinasinya, 2 orang ditunda keberangkatannya sehingga tidak divaksinasi, 1 orang mutasi ke Banda Aceh dan 3 orang vaksinasi di luar Kota Sabang. Kegiatan vaksinasi COVID-19 kepada jemaah haji lansia Kota Sabang mengikuti skema pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nasional yang dicanangkan Pemerintah dan salah satu upaya mempersiapkan kondisi jemaah haji dalam penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2021 dan sebagai wujud dari perlindungan Pemerintah terhadap kesehatan jemaah haji.

Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Sabang Firdiansyah, SKM, M.Kes, Kepala Puskesmas Sukakarya Efrida Handayani, Kasie Surveilans dan Imunisasi DInkes Provinsi Aceh dan Pengelola Kesehatan Haji Provinsi Aceh, dan Perwakilan Kantor Kementerian Agama Kota Sabang. Dalam kesempatan ini Firdiansyah menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kesediaan dan semangat dari para jemaah haji lansia untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya melindungi tubuh dari serangan virus berbahaya tersebut. “merupakan kebanggan kami dapat melayani calon tamu Allah mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji bagi jemaah haji Kota Sabang” imbuh Firdiansyah.

Perwakilan Kementerian Kesehatan dari Pusat Kesehatan Haji, dr Halimatussadiah, MKM yang pada kesempatan ini mewakili Kepala Pusat Kesehatan Haji menegaskan bahwa Jemaah Haji lansia merupakan prioritas vaksinasi COVID-19. “Meskipun Jemaah Haji sudah dilakukan vaksinasi COVID-19, para jemaah haji tetap harus melaksanakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir serta tetap melakukan perilaku bersih dan sehat.” ujar Diah. Turut pula hadir Calon TKHI Kota Sabang yang berasal dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kota Sabang memberikan penyuluhan bagi jemaah haji yang melakukan vaksinasi COVID-19. (HD & DY)

Share Berita ini :

   