KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Penandatanganan PKS Puskeshaji dan Lakespra: Sinergitas Dalam Menurunkan Angka Kematian Jemaah Haji Pada Critical Period

 Rabu, 29 Desember 2021
 Puskeshaji

Puskes Haji, Jakarta -- Pada hari Rabu, tanggal 29 Desember 2021 telah dilakukan penandatanganan Kerjasama antara Puskeshaji dengan Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Luar Angkasa (LAKESPRA) dr. Saryanto tentang Fasilitasi Pembekalan Jiwa Korsa dan Pemberian Materi Kesehatan Penerbangan Bagi Calon Tenaga Kesehatan Haji Tahun 2022. Kerjasama ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan Kapuskes Haji dan rombongan di Lakespra sebelumnya pada tanggal 18 November 2021.

Dalam sambutannya, Kepala Lakespra Marsekal Pertama TNI dr. Swasono R, Sp.THT-KL, M.Kes menyampaikan bahwa kerjasama ini didasari keinginan Lakespra untuk menyebarluaskan ilmu kedokteran penerbangan khususnya untuk petugas kesehatan haji sekaligus merupakan momentum sinergitas antara Lakespra dan Kementerian Kesehatan untuk menurunkan angka kematian jemaah haji yang cukup tinggi.

Dalam pertemuan ini Kapuskes Haji dr. Budi Sylvana, MARS, M.H mengatakan bahwa dalam 15 tahun terakhir angka kematian jemaah haji Indonesia tidak menunjukkan penurunan yaitu sekitar 2‰ setiap tahunnya, sehingga selain kerjasama dalam pembekalan jiwa korsa dan pemberian materi kesehatan penerbangan bagi calon tenaga kesehatan haji, Puskeshaji bersama Lakespra berencana menyusun rencana operasi dan kontinjensi untuk menurunkan angka kematian jemaah haji terutama selama critical period masa Armina.

“Sudah saatnya kita move on, karena belum tentu rencana yang dulu kita susun akan sukses di masa yang akan datang. Nantinya diharapkan rencana operasi dan kontinjensi dapat dibuat dengan bahasa sederhana yang operable di lapangan sehingga bisa membantu dalam bertugas,” ujar Budi.

Penulis : dr. Citra K, Sp.KP
Editor : TeBe Margono

 

Share Berita ini :

   