KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Upaya Promotif Preventif Jemaah Haji melalui Penyusunan Materi Edukasi Manasik Kesehatan Haji

 Kamis, 25 November 2021
 Puskeshaji

Puskes Haji, Jakarta - Upaya edukasi jemaah haji melalui penyusunan materi manasik kesehatan haji bagi petugas pengelola kesehatan haji kabupaten/kota dan puskesmas mulai dilaksanakan di Hotel Grand Mulya Bogor, Rabu (24/11/2021).

Penyusunan materi edukasi Manasik Kesehatan Haji ini dilaksanakan Pusat Kesehatan Haji diikuti internal Pusat Kesehatan Haji, pengelola program kesehatan haji Dinkes Provinsi DKI Jakarta dan Dinkes Kota Tangerang.

Penyusunan materi edukasi manasik kesehatan haji yang dilaksanakan adalah salah satu program pembinaan yang merupakan pengembangan dari materi TOT Manasik Kesehatan Haji yang akan diberikan kepada petugas kesehatan kabupaten/kota dan puskesmas dalam memberikan penyuluhan kesehatan kepada jemaah haji.

Pertemuan penyusunan materi edukasi manasik kesehatan haji dilaksanakan dari tanggal 24 hingga 26 November 2021 dengan cara mengidentifikasi terlebih dahulu materi apa saja yang harus diketahui oleh jemaah, selanjutnya dibuat tim untuk menyusun paparan materi.

Subkoordinator Substansi Pembimbingan dan Penyuluhan Kesehatan Haji, dr. Muhammad Imran, MKM menyampaikan bahwa penyusunan materi ini ditujukan kepada jemaah haji, agar mampu dipahami dan dipraktekkan secara mandiri.

"Materinya untuk petugas/penyuluh dan dikaitkan dengan perjalanan ibadah haji dari Indonesia hingga Arab Saudi", tutur Imran.

Penyusunan materi edukasi manasik kesehatan haji merupakan bagian sistem Sistematis Manasik Kesehatan Haji, sehingga semua materi penyuluhan kesehatan kepada jemaah haji terstandar.

Penulis : dr. Enny Nuryanti, MKM
Editor : TeBe Margono

 

Share Berita ini :

   