KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kategori
BERITA VIDEO
Video Apa Itu Tanazul?


Jum'at, 28 Agustus 2020

Video Tutorial Senam Haji Sehat


Kamis, 20 Agustus 2020

Lihat Berita Video Lainnya

Pembinaan Jemaah Haji Kota Palu, Sehat di Masa Pandemi

 Minggu, 13 September 2020
 Puskeshaji

Palu, 13 September 2020 - Kegiatan Sosialisasi Istithaah Kesehatan Jemaah Haji diselenggarakan pada hari Ahad (13/9) di Lapangan Balai Kota Palu Sulawesi Tengah . Kegiatan ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan sejak jemaah haji memasuki Gerbang Balaikota Palu dengan melakukan cuci tangan, pengukuran suhu tubuh, menjaga jarak dan memakai masker.

Kegiatan ini dihadiri 150 orang, berasal dari Kota Palu Sulawesi Tengah dan dihadiri pengelola haji puskesmas, PPIH Kloter dan Arab Saudi. Sosialisasi diawali dengan pengukuran kebugaran untuk mengetahui tingkat kebugaran Jemaah haji yang terukur untuk mengetahui kemampuan jantung paru dalam aktifitas fisik berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur. Pengukuran kebugaran dilakukan dengan metode Rockport, yaitu lari kecil/ berjalan sejauh 1,6 km.

Kegiatan Sosialisasi Haji Sehat ini dibuka oleh Kepala Dinas Kota Palu dr. Husaema, MM. Dalam sambutannya, dr. Husaema mengatakan jemaah haji diharapkan bisa menjaga kebugaraan dan kesehatan fisik, rohani, mental sesuai dengan amanat pemerintah dalam Permenkes 15 tahun 2016 dengan pembinaan kesehatan. Hal ini bertujuan agar jemaah haji tetap sehat di masa pandemi Covid-19 sehingga diharapkan tahun depan dapat melaksanakan ibadah haji. Dalam pelaksanaannya ibadah haji membutuhkan kesehatan prima, untuk itu jemaah haji harus istithaah kesehatannya. Pembinaan jemaah haji dilakukan dengan menperhatikan protokol kesehatan yang telah dilaksanakan dengan baik agar jemaah haji diharapkan tidak tertular covid.

Pusat Kesehatan Haji yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Rahmat Kurniadi, S.Sos, M.Kes mengatakan di masa pandemi Covid-19 ini jemaah haji jangan sampai lengah dan tertular virus Corona dengan tetap menjaga diri selalu dalam kondisi sehat, bugar baik sehat jasmani dan rohani. Jemaah haji bisa berolahraga di rumah atau sekitar rumah, makanan yang bergizi, istirahat cukup dan yang lainnya.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular dan Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Palu, drg. Lutfiah Sahabudin, MKM, menyampaikan agar jemaah haji selalu melaksanakan kebiasaan adaptasi baru di masa pandemi ini seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. Di samping itu selalu melaksanakan CERDIK yaitu Cek Kesehatan, Enyahkan asap rokok, Diet seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola stres, “Jemaah haji juga selalu memperhatikan kesehatan dirinya sejak di Indonesia maupun nanti saat di Arab Saudi” ujarnya.

Diakhir acara Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu mengingatkan kembali jemaah haji untuk selalu menjaga kondisi kesehatan jasmani dan rohani ini dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dan kebiasaan baru di masa pandemi. (AG)

 

Share Berita ini :

   