KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kategori

Siapkan Sosialisasi Haji Sehat di Masa Pandemi COVID-19

 Kamis, 30 Juli 2020
 Puskeshaji

Jakarta, 30 Juli 2020 - Pandemi Covid-19 telah memaksa kita untuk beradaptasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak ada pilihan bagi kita kecuali harus menyesuaikan diri untuk menjaga agar terhindar dari infeksi Covid-19, dengan cara selalu menggunakan masker, sering cuci tangan dengan sabun dan sebagainya. Wabah Covid-19 yang telah menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia menuntut pentingnya pemahaman dan kesadaran agar setiap individu mau dan mampu berperilaku hidup bersih dan sehat. Sosialisasi hidup sehat ini perlu kita galakkan pada seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali pula pada calon Jemaah Haji.

Sejak ditundanya keberangkatan Jemaah Haji 2020, pembinaan kesehatan pada Jemaah Haji terus dilakukan oleh para pengelola program kesehatan haji baik di Kabupaten/Kota maupun di Puskesmas. Dalam rangka mengkampanyekan hidup sehat bagi Jemaah Haji di masa pandemi-19, Pusat Kesehatan haji telah mempersiapkan Sosialisasi Haji Sehat bagi Jemaah Haji dengan pesan materi dan strategi yang telah disesuaikan dengan situasi saat ini.

“Kita harus membuat Jemaah Haji semakin pintar dalam menjaga kesehatannya. Sampai saat ini belum ada vaksin untuk Covid-19, sehingga Sosialisasi Haji Sehat harus terus dilakukan agar Jemaah Haji tetap sehat sehingga, Insya Allah tahun 2021 Jemaah Haji dapat berangkat dalam keadaan sehat” demikian arahan Eka Jusup Singka selaku Kepala Pusat Kesehatan Haji dalam rapat yang diselenggarakan di ruang kerjanya. Hadir dalam rapat tersebut Tim Itjen dan para pejabat struktural Pusat Kesehatan haji. Ketua tim Itjen menyampaikan masukannya terkait pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Haji Sehat agar tidak terkendala secara administrasi keuangan.

Sosialisasi Haji Sehat rencana akan dilaksanakan di 12 lokasi di beberapa provinsi di Indonesia dengan melibatkan lintas sektor, Dinkes Provinsi dan Dinkes Kabupaten/kota serta pengelola program kesehatan haji di Puskesmas. Pelaksanaan Sosialisasi Haji Sehat akan dimulai tanggal 7-8 Agustus 2020 di Jambi, selanjutnya akan dilaksanakan di 11 provinsi lainnya.

Pada akhir rapat, Eka kembali mengingatkan agar dalam pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Haji Sehat di masa pandemi Covid-19 tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan dikerjakan dengan baik. “Lakukan komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat agar pelaksanaanya berjalan dengan lancar” demikian pesannya. (Rat*)

Share Berita ini :

   